Header Ads

AD BANNER

Konfigurasi VPN (PPTP)

Assalammualikum.wr.wb

 

 A. Pendahuluan
  • Pengertian 
PPTP (Point To Point Tunneling Protocol) adalah salah satu VPN
(Virtual Private Network) yang ada di mikrotik VPN atau kepanjangan dari Virtual Private Network yaitu Sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi, dengan enkripsi Perlu penerapan teknologi tertentu agar walaupun menggunakan medium yang umum, tetapi traffic (lalu lintas) antar remote-site tidak dapat disadap dengan mudah, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusupkan traffic yang tidak semestinya ke dalam remote-site.
  • Latar Belakang
Fitur keamanan yaitu autentivikasi yang dimiliki oleh VPN pada mikrotik inilah yang membuat banyak sekali perusahaan menggunakan VPN dalam Membangun sebuah komunikasi, maka dari itu selain mempunyai fitur keamanan konfigurasi VPN sangat mudah.
  • Maksud dan Tujuan
    Memberi layana internet berautentivikasi menggunakan VPN berjenis PPTP server yang dihubungkan dengan client melalui wifi/kabel.

B. Alat dan Bahan

    Mikrotik
    Laptop client

C. Waktu Pelaksanaan

  
  10 menit

D. Proses dan Tahapan

Buka winbox.
Menu PPP >> PPTP Server.
Centang Enable >> Apply >> OK


 

Kemudian beralih ke PPP Secret, untuk menentukan username dan password untuk proses autentikasi Client yang akan terkoneksi ke PPTP server.

-Local Address adalah alamat IP yang akan terpasang pada router itu sendiri (Router A / PPTP Server) setelah link PPTP terbentuk.

-Remote Address adalah alamat IP yang akan diberikan ke Client setelah link PPTP terbentuk.
 
 

Tambahkan interface baru PPTP Client, lakukan dial ke IP Public Router (PPTP server) dan masukkan username dan password sesuai pengaturan secret PPTP Server.

 

 kita coba koneksikan ke VPN Client tapi kita persiapkan dulu :

> kita harus login pada hotspot atau pada ether mikrotik.
> kita harus buat intervace baru.
caranya :
Masuk ke setting network >> edit connection >> add >> point-to-point tunneling protocol (PPTP).


Lalu isikan sesuai yang kita buat tadi user, password, dan Gateway.


 Lalu kita test connect kan ke VPN nya yang kita buat.

 

Selesai

  • Kesimpulan
Dengan VPN ini kita bisa menggunakanya sebagai keamanan dan sebagai penggati jika kita kehabisan chanel wifi Mikrotik kita gunakan ini untuk bisa akses Server dan MikroTIk kita.
  • Referensi

No comments

Powered by Blogger.