Header Ads

AD BANNER

Mengenal GNS3 ( Graphical Network Simulator )

Assalamualaikum, Wr.Wb


Selamat pagi semua ...Hari ini saya akan mengenalkan virtualisasi Jaringan.


A. Pengertian


Graphical Network Simulator-3 ( disingkat menjadi GNS3 ) adalah emulator perangkat lunak jaringan. Dengan arti emulator ini kombinasi anatara virtual dan nyata. Contohnya dengan mengunakan software emulasi Dynamips untuk mensimulasikan Cisco IOS, atau dengan MikroTik. Bisa juga menggabungkan Virtualiasasi : VirtualBox dan Vmware.


B. Latar Belakang


    Kelebihan

    Akses Penuh ke Cisco IOS.
    Topologi Jaringan yang Real dan berinteraksi dengan sistemnya.

    Kekurangan

    Installation Rumit.
    Memerlukan Sumber Daya Komputer relatif tinggi ( Spesifikasi Komputer ).


C.  Maksud dan Tujuan


Supaya saya dapat mengetahui bagaimana sih penggunaan aplikasi GNS3 tersebut, dengan tujuan agar dapat digunakan untuk membuat grafik simulasi jaringan seperti pada cisco packet tracer dan mikrotik.


D. Alat dan Bahan

    Laptop
    Ebook GNS3
    Internet


E . Jangka Waktu


 20 Menit.


F. Hasil Kesimpulan


Hasilnya adalah aplikasi GNS3 versi terbaru ini dapat digunakan untuk membuat simulasi grafik jaringan yang mana dapat digunakan seperti layaknya cisco packet tracer. Namun, penggunaan GNS3 ini menurut saya lebih sulit karena sudah menggunakan GUI dan saya belum terbiasa menggunakannya. Dan ada ketentuan-ketentuan yang saya belum mengerti.


G. Refrensi

    https://en.wikipedia.org/wiki/Graphical_Network_Simulator-3
    Ebook GNS3

Wassalamualaikum, Wr.Wb

No comments

Powered by Blogger.