Header Ads

AD BANNER

SHARING BERSAMA MBAH SURO DHEMIT TENTANG WEB SERVER


A.Pendahuluan
   1.Pengertian

         Webserver merupakan salah satu kebutuhan yang digunakan oleh user untuk website yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar dan juga akses yang cepat untuk trafik yang besar dalam mencegah terjadinya down pada suatu website atau aplikasi.
  
   2.Maksud dan Tujuan
  • Mengerti tentang Web Server
  • Mengerti cara kerjanya
   3.Hasil yang Diharap
          Mengerti bagaimana cara kerja Web Server

B.Alat dan Bahan
         Laptop / Pc

C.Jangka Waktu Pelaksanaan
         08.30-11.00

D.Uraian Kegiatan
        Fungsi Server atau Web Server:

      Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi. Salah satu contoh dari Web Server adalah Apache. Apache (Apache Web Server – The HTTP Web Server) merupakan web server yang paling banyak dipergunakan di Internet.

Beberapa dukungan Apache :
    Kontrol Akses 
Kontrol ini dapat dijalankan berdasarkan nama host atau nomor IP CGI (Common Gateway Interface) Yang paling terkenal untuk digunakan adalah perl (Practical Extraction and Report Language), didukung oleh Apache dengan menempatkannya sebagai modul (mod_perl)
    PHP (Personal Home Page/PHP Hypertext Processor)
Program dengan metode semacam CGI, yang memproses teks dan bekerja di server. Apache mendukung PHP dengan menempatkannya sebagai salah satu modulnya (mod_php). Hal ini membuat kinerja PHP menjadi lebih baik
    SSI (Server Side Includes)
Web server Apache mempunyai kelebihan dari beberapa pertimbangan di atas :
  1. Apache termasuk dalam kategori freeware.
  2. Apache mudah sekali proses instalasinya.
  3. Mampu beroperasi pada berbagai platform sistem operasi.
  4. Mudah mengatur konfigurasinya. Apache mempunyai hanya empat file konfigurasi.
  5. Mudah dalam menambahkan peripheral lainnya ke dalam platform web servernya.
       Cara Kerja Web Server
        Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari web server, maka akan dibahas tentang cara kerjanya. Cara kerja ini tentunya tidak lepas dari peran pengguna (user) yang meminta informasi. Cara pertama yaitu, pastikan komputer dekstop anda telah menginstal web browser seperti chrome, mozilla, opera, explorer dan sebagainya.
         Setelah memiliki program ini, maka pastikan komputer anda terhubung via internet, karena tanpa terhubung dengan internet maka web server tidak akan bekerja. Perangkat lunak ini terdapat di komputer server sehingga data-data website juga tersimpan didalamnya dengan baik.

           Data yang diminta dari browser ke web server tersebut atau bisa disebut juga dengan HTTP request, akan dicari oleh web server di dalam komputer. Jika pencarian ditemukan, maka akan ditampilkan. Jika tidak, maka browser tidak akan menampilkan informasinya atau yang sering dilihat bertuliskan page not found.

E.Hasil yang Didapatkan
         Paham apa itu Web Server dan Fingsinya.

F.Kesimpulan
         Jika kita paham tentang web server, maka akan mempermudah kita dalam memahami fungsi dan cara kerjanya.

G.Referensi

No comments

Powered by Blogger.