Header Ads

AD BANNER

Mengenal IP Address Versi 4




Assalammu'alaikum WR. WB.


Pengertian

        Alamat IP (IP Address)  adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet maupun dari jaringan lokal.


Latar belakang

Alamat IP di gunakan sebagai pengalamatan dari suatu komputer

Maksud dan tujuan

Agar kita bisa mengenal lebih jauh apa itu IP Address dan ada berapa jenis - jenis IP Address

Pelaksanaan 

30 Menit

Proses


        Internet Protocol Address merupakan kepanjangan dari IP address. Pengertian IP address adalah suatu identitas numerik yang diberikan kepada komputer, router, atau printer yang terdapat dalam suatu jaringan komputer yang menggunakan internet protocol sebagai sarana komunikasi. IP address memiliki dua fungsi, yakni:


1. Sebagai alat identitas suatu host.
Fungsi ini diilustrasikan seperti nama orang sebagai suatu metode untuk mengenali siapa orang tersebut. dalam jaringan komputer berlaku hal yang sama.

2. Sebagai alamat pada suatu jaringan.
Fungsi ini diilustrasikan seperti alamat rumah kita yang menunjukkan lokasi kita berada. Untuk memudahkan pengiriman paket data, maka IP address memuat informasi keberadaannya. Ada rute yang harus dilalui agar data dapat sampai ke komputer yang dituju.


IP address menggunakan bilangan 32 bit. Sistem ini dikenal dengan nama Internet Protocol version 4 atau IPv4. Saat ini IPv4 masih digunakan meskipun sudah ada IPv6 yang diperkenalkan pada tahun 1995. Hal ini dikarenakan tingginya pertumbuhan jumlah komputer yang terkoneksi ke internet. Maka dibutuhkan alamat yang lebih banyak yang mampu mengidentifikasi banyak anggota jaringan.


Pembagian Kelas IP Address

        IP Address Kelas A, merupakan IP address dengan jumlah yang sangat besar, sehingga biasanya digunakan untuk jaringan yang sangat besar dengan jumlah host yang sangat banyak. Sebagai contoh pada penggunaan IP address : 111.22.3.4, 111 berfungsi sebagai network ID sedangkan 22.3.4 berfungsi sebagai host ID nya.

        IP Address Kelas B, merupakan IP address dengan jumlah host yang sedang, jumlah maksimal host berkisar 65.534 host, sehingga IP ini cocok untuk jaringan dengan jumlah host yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Sebagai contoh penggunaan IP address Kelas B adalah : 123.45.167.8, 123.45 berfungsi sebagai network ID sedangkan 167.8 berfungsi sebagai host ID.

        IP Address Kelas C, merupakan IP address dengan jumlah host yang sangat kecil sehingga IP address ini digunakan untuk jaringan kecil seperti disekolah-sekolah, dikantor-kantor maupun instansi rumahan, jumlah maksimal host pada IP address ini hanya 254 host. Seabagai contoh penggunaan IP Address Kelas C adalah : 192.168.1.2 , 192.168.1 merupakan network ID dan 2 merupakan host ID-nya.

mungkin hanya itu saja yang saya tau sekian dan terimakasih.... :-)

Kesi mpulan dan refrensi

        IP Address (Internet Protokol Address) adalah suatu identitas numerik yang diberikan kepada suatu alat seperti komputer, router atau printer yang terdapat dalam suatu jaringan komputer yang menggunakan internet protokol sebagai sarana komunikasi. Sekian yang kami ketahui tentang ip address.

http://www.jaringan.link/2014/05/mengenal-lebih-jauh-ip-address-pada.html
http://www.meretas.com/pengertian-dan-cara-setting-ip-address/


No comments

Powered by Blogger.