Header Ads

AD BANNER

pengenalan Perangkat Mikrotik

BLC Telkom Klaten





I. Pendahuluan
 Halo semua. . . . Pada postingan saya sebelumnya selama 2 minggu saya memposting tentanng materi dan kegiatan saya dan teman-teman lainnya dari BLC ke Desa Ngadirojo, Ampel, Boyolali. Kali ini saya akan membahas tentang Perangkat MIKROTIK. Apa itu Mikrotik? apa kegunaan Mikrotik? dan kenapa harus Mikrotik?
 Oke langsung aja kita uji Lab.
II. Pengertian
 Mikrotik adalah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia, bersebelahan dengan Rusia, pembentukannya diprakarsai oleh John Trully dan Arnis Riekstins. John Trully yang berkebangsaan Amerika Serikat berimigrasi ke Latvia dan berjumpa Arnis yang sarjana Fisika dan Mekanika di sekitar tahun 1995. Tahun 1996 John dan Arnis mulai me-routing dunia (visi Mikrotik adalah me-routing seluruh dunia). Mulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Moldova, tetangga Latvia, baru kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia, karena ambisi mereka adalah membuat satu peranti lunak router yang handal dan disebarkan ke seluruh dunia. Ini agak kontradiksi dengan informasi yang ada di web Mikrotik, bahwa mereka mempunyai 600 titik (pelanggan) wireless dan terbesar di dunia.

 Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot dan warnet.

Mikrotik didesain untuk mudah digunakan dan sangat baik digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga yang kompleks sekalipun. Selain harganya yang murah perangkat Mikrotik juga menyimpan segudang fitur yang menyangkut masalah tata aturan dan settingan jaringan internet. 

III. LATAR BELAKANG  
 Seiring berjalannya waktu teknologi yang menyangkut tentang masalah Teknologi Informasi (TI) berkembang dengan sangat pesat. Bahkan saking majunya sampai-sasmpai mengalami penumpukan masalah yang menyangkut masalah TI. Mikrotik dapat membantu kita dalam penataan struktur jaringan internet. Jadi dengan mempelajari Mikrotik maka sama saja mengikuti perkembangan  IT di dunia

IV. MAKSUD DAN TUJUAN
 Untuk membagikan informasi tantang perangkat MIkrotik

V. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
 Selama ada kemauan untuk belajar


VI. PROSES dan TAHAPAN PELAKSANAAN
 Membaca, Memahami, Mengikuti


VII. HASIL yang Didapatkan
 Diharapkan bisa tau apa itu perangkat Mikrotik dan bagaimana konfigurasi Mikrotik dengan baik dan benar.

VIII. Temuan Permasalahan
 Kebingungan merupakan masalah yang sering kita alami dikarenakan tidak fokus dengan materi yang sedang di bahas.


IX. Kesimpulan yang dapat Ditemukan
 Mikrotik adalah sistem operasi khusus yang digunakan untuk router. Selain itu istilah Mikrotik juga akrab dipanggil dengan Router OS yang memiliki fungsi yang handal dan punya banyak sekali fitur yang mendukung kelancaran network.


X. Referensi
http://aoktox.blogspot.co.id/2013/02/apa-sih-mikrotik-itu.html
https://ainurrafiramdhani.blogspot.co.id/2018/01/pengertian-dan-fungsi-mikrotik.html




No comments

Powered by Blogger.