Header Ads

AD BANNER

BERKOMUNIKASI PADA JARINGAN LOKAL

Assalamu'alaikum Wr Wb

Kembali lagi dengan saya. Postingan hari ini saya akan membahas mengenai jaringan dalam kehidupan sehari hari. mari kita ikuti bersama pembahasannya.

BERKOMUNIKASI PADA JARINGAN LOKAL

A. PENDAHULUAN

1. Pengertian

Sebenarnya jaringan itu? Jaringan adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

2. Latar Belakang

"Hei Shad, apakah kamu online?" "Tentu saja, saya!" Berapa banyak dari kita yang masih memikirkan apakah kita "online" atau tidak? Kami mengharapkan perangkat, ponsel, tablet, laptop, dan komputer desktop kami selalu terhubung ke Internet global. Kami menggunakan jaringan ini untuk berinteraksi dengan teman, berbelanja, berbagi foto dan pengalaman, dan belajar. Internet telah menjadi bagian kehidupan sehari-hari yang hampir kita anggap remeh.
Biasanya, ketika orang menggunakan istilah Internet, mereka tidak mengacu pada koneksi fisik di dunia nyata. Sebaliknya, mereka cenderung menganggapnya sebagai koleksi tak berbentuk. Ini adalah "tempat" orang pergi untuk mencari atau berbagi informasi.

3. Tujuan

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat mengetahui 3 hal berikut:
1. Dapat menjelaskan pentingnya standar dan protokol dalam komunikasi jaringan.
2. Dapat menjelaskan bagaimana lapisan model protokol mewakili fungsionalitas jaringan.
3. Jelaskan bagaimana komunikasi terjadi pada jaringan Ethernet.
4. Dapat menjelaskan mengapa router dan switch penting dalam jaringan
5. Dapat mengonfigurasi perangkat pada Jaringan Area Lokal

B. PEMBAHSAN

 1. Standar dan Protokol Dalam Komunikasi Jaringan.

Tiga Elemen
Tujuan utama dari setiap jaringan adalah memberi kita sebuah metode untuk berkomunikasi dan berbagi informasi. Dari manusia primitif yang paling awal hingga ilmuwan paling maju saat ini, berbagi informasi dengan orang lain sangat penting untuk kemajuan manusia.
Semua komunikasi dimulai dengan pesan, atau informasi, yang harus dikirim dari satu individu atau perangkat ke perangkat lain. Metode yang digunakan untuk mengirim, menerima dan menafsirkan pesan berubah seiring berjalannya waktu seiring kemajuan teknologi.
Semua metode komunikasi memiliki tiga elemen yang sama. Yang pertama dari elemen ini adalah sumber pesan, atau pengirim. Sumber pesan adalah orang, atau perangkat elektronik, yang perlu mengkomunikasikan pesan ke orang lain atau perangkat. Elemen kedua komunikasi adalah tujuan, atau penerima, dari pesan. Tujuan menerima pesan dan menafsirkannya. Elemen ketiga disebut media transmisi, atau saluran. Ini menyediakan jalur dimana pesan dapat berjalan dari sumber ke tujuan.

Protokol Komunikasi

Komunikasi dalam kehidupan kita sehari-hari membutuhkan banyak bentuk dan terjadi di banyak lingkungan. Kami memiliki harapan yang berbeda tergantung pada apakah kami mengobrol melalui internet atau berpartisipasi dalam wawancara kerja. Setiap situasi memiliki perilaku dan gaya yang diharapkan.

Sebelum mulai berkomunikasi satu sama lain, kami menetapkan peraturan atau kesepakatan untuk mengatur percakapan, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1 sampai 3. Aturan, atau protokol ini, harus diikuti agar pesan berhasil disampaikan dan dipahami. Di antara protokol yang mengatur komunikasi manusia yang berhasil adalah:

     Pengirim dan penerima yang teridentifikasi
     Setuju metode berkomunikasi (tatap muka, telpon, surat, foto)
     Bahasa dan tata bahasa yang umum
     Kecepatan dan waktu pengiriman
     Persyaratan konfirmasi atau pengakuan

Teknik yang digunakan dalam komunikasi jaringan berbagi dasar-dasar ini dengan percakapan manusia.
 

Mengapa Protokol Cetakan?

Sama seperti manusia, komputer menggunakan peraturan, atau protokol, agar bisa berkomunikasi. Protokol diperlukan agar komputer berkomunikasi dengan benar di seluruh jaringan. Di lingkungan kabel dan nirkabel, jaringan lokal didefinisikan sebagai area di mana semua host harus "berbicara dalam bahasa yang sama" atau dalam istilah komputer "berbagi protokol yang sama".

Jika semua orang di ruangan yang sama berbicara dengan bahasa yang berbeda, mereka tidak dapat berkomunikasi. Demikian juga, jika perangkat di jaringan lokal tidak menggunakan protokol yang sama, mereka tidak dapat berkomunikasi.

Protokol jaringan mendefinisikan banyak aspek komunikasi melalui jaringan lokal, termasuk: format pesan, ukuran pesan, waktu, pengkodean, dan pola pesan.
 

Dalam berkomunikasi harus memenuhi beberapa hal berikut:
1. Timming
Banyak fungsi komunikasi jaringan tergantung pada timing. Waktu menentukan kecepatan di mana bit dikirim melalui jaringan. Ini juga mempengaruhi kapan host individu dapat mengirim data dan jumlah total data yang dapat dikirim dalam satu transmisi.
2. Message Size
Aturan yang mengatur ukuran potongan yang dikomunikasikan di seluruh jaringan sangat ketat. Mereka juga bisa berbeda, tergantung dari saluran yang digunakan. Bila pesan panjang dikirim dari satu host ke host lain melalui jaringan, mungkin perlu memecah pesan menjadi potongan-potongan yang lebih kecil untuk memastikan bahwa pesan tersebut dapat disampaikan dengan andal.
3. Message Pattern
Beberapa pesan memerlukan sebuah pengakuan sebelum pesan berikutnya dapat dikirim. Jenis pola permintaan / tanggapan ini adalah aspek umum dari banyak protokol jaringan. Namun, ada jenis pesan lain yang mungkin hanya dialirkan melalui jaringan, tanpa mempedulikan apakah mereka mencapai tujuan atau tidak.
4. Encapsulation 
Each message transmitted on a network must include a header that contains addressing information that identifies the source and destination hosts, otherwise it cannot be delivered. Encapsulation is the process of adding this information to the pieces of data that make up the message.  In addition to addressing, there may be other information in the header that ensures that the message is delivered to the correct application on the destination host.
5. Encoding 
Pesan yang dikirim melalui jaringan pertama-tama diubah menjadi bit oleh host pengirim. Setiap bit dikodekan menjadi pola suara, gelombang cahaya, atau impuls listrik tergantung pada media jaringan tempat bit ditransmisikan. Host tujuan menerima dan menerjemahkan sinyal untuk menafsirkan pesan.
6. Message Format
Bila pesan dikirim dari sumber ke tujuan, maka pesan tersebut harus menggunakan format atau struktur tertentu. Format pesan tergantung pada jenis pesan dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan.

Internet dan Standar
 
 

Dengan meningkatnya jumlah perangkat dan teknologi baru yang masuk online, bagaimana mungkin untuk mengelola semua perubahan dan masih dapat memberikan layanan seperti email? Jawabannya adalah standar Internet.

Standar adalah seperangkat aturan yang menentukan bagaimana sesuatu harus dilakukan. Standar jaringan dan Internet memastikan bahwa semua perangkat yang terhubung ke jaringan menerapkan seperangkat aturan atau protokol yang sama dengan cara yang sama. Dengan menggunakan standar, adalah mungkin bagi berbagai jenis perangkat untuk mengirim informasi satu sama lain melalui Internet. Misalnya, cara email diformat, diteruskan, dan diterima oleh semua perangkat dilakukan sesuai standar. Jika satu orang mengirim email melalui komputer pribadi, orang lain dapat menggunakan ponsel untuk menerima dan membaca email selama ponsel tersebut menggunakan standar yang sama seperti komputer pribadi.
To Be Continue.........

C. PENUTUP

1. Kesimpulan

Dapat disimpulkan, bahwa kita tidak lepas dengan jaringan. Mulai dari kita dirumah menggunakan Mobile Phone, disekolah menggunkan komputer, di kantor dan lain lain. 

2. Daftar Pustaka


Sekian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin menyampaikan kritik dan saran atupun ingin bertanya silahkan tuliskan pada kolom komentar. Atas segala kekurangan yang sampaikan saya mohon maaf. Terimakasih


Wassalammu'alaikum Wr Wb

No comments

Powered by Blogger.