Header Ads

AD BANNER

Latihan Bareng USWIM Nabire : Setting Dasar MikroTik

Assalamu'alaikum Wr Wb

Kembali lagi dengan saya. Saya akan membahas kegiatan saya hari ini. Hari saya dan teman teman IT Volunteer mendapat tugas untuk membantu kegiatan PKL di BLC TELKOM KLATEN dengan peserta PKL Teknik Informatika - FATEKSA UWIM NABIRE, Papua. Sebelumnya kemarin sudah melakukan kegiatan pengkabelan yag dibimbing oleh Mas Arif dari Boyolali. Hari ini mereka melakukan kegiatan pengenalan MikroTik dan bagaimana setting Mikrotik dasar. 

Kebanyakan dari mereka memiliki keinginan setelah bisa menggunakan mikrotik mmereka akan membuat warnet di papua seperti kak Eko, karena bisnis warnet di Papua sangat menjanjikan. Sebelum memulai setting mereka belajar dasar mikrotik yaitu sejarah, seri mikrotik, dan lain lain.  kegiatan dimulai pukul 08.00 - 11.00. Setelah pukul 11.00 mereka belajar cara menggunakan mikrotik. Pertama mereka belajar Remote mikrotik, kedua mereka belajar setting mikrotik. Seting Mikrotik yang mereka lakukan yaitu identity, mengganti nama interface, menambahkan ip address pada interface, dan membuat user supaya mikrotik mereka tidak bisa di remote orang lain.

Setelah mereka bisa setting mikrotik identity, mengganti nama interface, menambahkan ip address pada interface, dan membuat user supaya mikrotik mereka tidak bisa di remote orang lain, mereka kemdian setting mikrotik untuk mengoneksikan ke internet. Secara bergantian karena jumlah port dalam switch hanya  24 sementara peserta PKL berjumlah lebih dari jumlah port. Kegiatan ini sampai sore dan masih dilanjutkan pada malam hari yang ingin datang. 

Nah itu lah kegiatan saya, Dalam penyampaiannya tentu terdapat banyak kesalahan kata. oleh karena itu saya mohon maaf. terima kasih

Wassalamu'alaikum Wr Wb

No comments

Powered by Blogger.