Header Ads

AD BANNER

S.O.P. {Standar Operasional Prosedur}

Assalamualaikum, Wr.Wb



Pasti kalian tau dong tentang SOP, pernah mengalami kesalahan kerja ^-^
Kali ini saya akan menjelaskan menggunakan SOP.


A. Pendahuluan

  • Pengertian
Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah dokumen yang berkaitan dengan prosedur yang dilakukan secara kronologis untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling efektif dari para pekerja dengan biaya yang serendah-rendahnya.

  • Latar Belakang dan Batasan Permasalahan
Setiap perusahaan bagaimanapun bentuk dan apapun jenisnya, membutuhkan sebuah panduan untuk menjalankan tugas dan fungsi setiap elemen atau unit perusahaan. Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah sistem yang disusun untuk memudahkan, merapihkan dan menertibkan pekerjaan. Sistem ini berisi urutan proses melakukan pekerjaan dari awal sampai akhir.

  • Maksud dan Tujuan
 - Tujuan dan Fungsi SOP

Tujuan pembuatan SOP adalah untuk menjelaskan perincian atau standar yang tetap mengenai aktivitas pekerjaan yang berulang-ulang yang diselenggarakan dalam suatu organisasi. SOP yang baik adalah SOP yang mampu menjadikan arus kerja yang lebih baik, menjadi panduan untuk karyawan baru, penghematan biaya, memudahkan pengawasan, serta mengakibatkan koordinasi yang baik antara bagian-bagian yang berlainan dalam perusahaan.

- Manfaat SOP

SOP atau yang sering disebut sebagai prosedur tetap (protap) adalah penetapan tertulis mengenai apa yang harus dilakukan, kapan, dimana dan oleh siapa dan dibuat untuk menghindari terjadinya variasi dalam proses pelaksanaan kegiatan oleh pegawai yang akan mengganggu kinerja organisasi (instansi pemerintah) secara keseluruhan.

  • Hasil yang diharapkan
Dengan pengetahuan yang dimiliki mengenai SOP maka diharapkan bisa dijadikan sebagai pedoman dan juga diimplementasikan secara optimal dalam bekerja.

B. Alat dan Bahan
  1. Lembaga/instansi beserta SOP yang telah dibuat.
  2. Tenaga kerja (SDM) yang melaksanakan SOP.

C. Jangka Waktu Pelaksanaan

Sesuai perencanaan waktu yang akan ditempuh untuk menuju target sesuai ketentuan.

D. Proses dan Tahapan Pelaksanaan
  • Ada tujuh tahapan atau langkah yang dapat digunakan untuk membuat suatu prosedur yang baik dan memaksimalkan semua suatu prosedur yang baik dan memaksimalkan semua potensi yang ada, antara lain sebagai berikut:
  1. Menentukan tujuan yang ingin dicapai.
  2. Membuat rancangan awal.
  3. Melakukan evaluasi internal.
  4. Melakukan evaluasi eksternal.
  5. Melakukan uji coba.
  6. Menempatkan prosedur pada unit terkait.
  7. Menjalankan prosedur yang sudah dibuat.
  • Penerapan SOP dalam manajemen perkantoran :
  1. Setiap pelaksanaan mengetahui SOP yang baru disusun dan alasan perubahannya.
  2. Salinan/kopi SOP disebarluaskan sesuai kebutuhan dan siap diakses oleh semua pengguna potensial.
  3. Setiap pelaksanaan mengetahui perannya dalam SOP dan dapat menggunakan semua pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki untuk menerapkannya secara aman dan efektif.
  4. Ada mekanisme untuk memonitor/memantau kinerja, mengidentifikasi masalah-masalah yang mungkin timbul, dan menyediakan dukungan dalam proses penerapan SOP.

E. Hasil yang didapatkan

Mengetahui konsep dari SOP dan mendapat gambaran bahwa dalam bekerja harus sesuai SOP.


F. Kesimpulan yang didapatkan

SOP merupakan pedoman yang dibuat oleh setiap instansi bagi tenaga kerja/sumber dayanya agar kinerjanya lebih terorganisir dan efektif guna mencapai hasil yang optimal.

G. Referensi dan Daftar Pustaka

Wassalamualaikum, Wr.Wb

No comments

Powered by Blogger.