Header Ads

AD BANNER

AKSES MIKROTIK (FIRST USE)







Assalamualaikum wr wb


Apa kabar para pembaca? Sekarang saya akan mengenai bagaimana akses mikrotik untuk pertama kali. Caranya bagaimana? Langkah langkahnya mudah kok dan nggakribet. Lebih jelasya ikuti peembahasan berikut ini.


AKSES MIKROTIK PADA PERTAMA KALI

A. Pembukaan

1. Latar Belakang

Ada banyak cara ata metode untuk mengakses mikrotik. Tetapi bagaimana kita mengaksesnya pada saat pertama kali kita menginstall mikrotik?. Pada saat kita menginstall RouteOS pertama kali, RouterOS tidak terdapat konfigurasi sama sekali alias kosong. Jadi kita tidak bisa mengaksesnya melalui SSH, WebFig, atau yang lainnya yang menggunakan akses melalui IP Address.

2. Maksud dan Tujuan

Kegiatan ini memiliki maksud dan tujuan:
1. Dapat mengetahui metode akses mikrotik saat pertama kali.

3. Hasil yang Diharapkan

Diharapkan setelah diadakannya pembahasan ini, mengetahui dan mempraktekkan bagaimana mengakses mikrotik yang belumm dikonfigrasi.

4. Alat dan Bahan

1. Komputer / Laptop.
2. Kabel UTP.
3. Mikrotik tanpa default konfigurasi.

B. Pembahasan

1. Metode Akses

Kita ingin mengonfigurasi Mikrotik maka kita harus terlebih dahulu mengaksesnya. Mengakses Mikrotik memiliki banyak metode. Seperti postingan saya yang sebelumnya (Metode Akses Mikrotik) metodenya hampir sama tetapi postingan saya yang sebelumnya adalah metode digunakan ketika kita sudah mendapatkan IP address pada mikrotik. Perbedaanya dengan sekarang kita mengakses mikrotik tanpa konfigurasi.
Metode yang digunakan apa saja? Nah mengakses mikrotik ada 3 metode. Metodenya adalah Mac-Telnet, Direct Console, dan Mac-Winbox.
Kita akan membahas satu persatu mengenai 3 hal tersebut.
Metode pertama yaitu Mac-Telnet. Mac-Telnet yaitu metode access remote menggunkan telnet MAC address. Langkah langkahnya adalah sebagai berikut.
Pertama, kita cek dulu MAC address router yang akan kita telnet dengan menggunkan perintah:
“mactelnet –help”
mactelnet
mactelnet --help
Setelah itu telnet MAC address yang sudah didapatkan dengan perintah mactelnet XX:XX:XX:XX:XX:XX
mactelnet jema
mactelnet
Masukkan user default “admin” dengan password kosong. Kenapa kosong? Karena konfigurasi masih default dan user default adalah “admin” dan passwordnya tidak ada alias kosong. Jangan lupa tekan enter.
mactelnet jema

Nah kita sudah bisa memakai atau setting mikrotik. Oh ya, karena saya menggunakan Linux maka saya menggunkan Terminal, untuk pengguna Windows bisa menggunakan aplikasi NeighbourViewer.
Metode Kedua, yaitu dengan DirectConsole, jika perangkat Anda memiliki port Serial, Anda dapat menggunakan kabel konsol (atau kabel modem Null)
directconsole

Colokkan salah satu ujung kabel serial ke port konsol (juga dikenal sebagai port serial atau port serial asinkron DB9 RS232C) dari RouterBOARD dan ujung lainnya di PC Anda (yang mudah-mudahan menjalankan Windows atau Linux). Anda juga bisa menggunakan adaptor USB-Serial. Jalankan program terminal (HyperTerminal, atau Putty on Windows) dengan parameter berikut untuk semua model RouterBOARD kecuali 230:
 
Sekarang Anda bisa mulai mengkonfigurasi router, dengan mengeluarkan perintah setup.
Metode ini bekerja dengan perangkat yang memiliki konektor kartu video dan keyboard.
Metode Ketiga, yaitu menggunakan MAC-Winbox. MAC-Winbox ini paling sering digunakan karena kita kebanyakan mengunakan Winbox karena menggunkan Winbox lebih mudah.
Caranya dengan berikut ini:


2. Temuan Permasalahan

Perasalahan yang saya temukan adalah menggunakan winbox. Karena saya tidak memiliki Winbox dan memiliki Wine untuk membuka winbox.

C. Penutup

1. Kesimpulan

Dapat disimpulkan cara mengakses router Mikrotik dapat dengan menggunakan MAC-telnet, Direct Console, dan MAC-Winbox. Metode yang paling banyak digunakan adalah menggunkan MAC-Winbox. Karena MAC-Winbox lebih mudah.

2. Refernsi dan Daftar Pustaka



Sudah pahamkan bagaimana mengakses Mirotik? Kalau belum paham bisa ditanyakan di kolom komentar. Jika ada saran ataupun kritikannnya silahkan sampaikaan pada komentar. Sekian dari saya kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih.


Wassalamu’alaikum Wr Wb

No comments

Powered by Blogger.