Header Ads

AD BANNER

Virtual Terminal ?

Virtual Terminal

pendahuluan

yo,disini saya akan menjelaskan apa si itu Virtual Terminal ?Jadi langsung aja ya sedot ilmunya hehehe . . .

    pengertian

Jauh sebelum komputer desktop dengan antarmuka grafis yang canggih ada (CLI PRO di banding GUI :V wkkwk), orang menggunakan sistem berbasis teks yang seringkali hanya menampilkan terminal (Terminal bus mungkin wkkwkw :V) yang terhubung secara fisik ke komputer pusat. Setelah jaringan tersedia, orang membutuhkan cara untuk mengakses sistem komputer dengan jarak jauh dengan cara yang sama seperti yang mereka lakukan dengan terminal yang terpasang langsung.Telnet dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan itu. Telnet tanggal kembali ke awal 1970-an dan merupakan salah satu protokol dan layanan lapisan Aplikasi tertua di suite TCP / IP. Telnet menyediakan metode standar untuk meniru perangkat terminal berbasis teks melalui jaringan data. Kedua protokol itu sendiri dan perangkat lunak klien yang mengimplementasikan protokol tersebut biasa disebut sebagai Telnet. Server telnet mendengarkan permintaan klien pada port TCP 23.Cukup tepat, koneksi menggunakan Telnet disebut sesi Virtual Terminal (VTY), atau koneksi. Alih-alih menggunakan perangkat fisik untuk terhubung ke server, Telnet menggunakan perangkat lunak untuk membuat perangkat virtual yang menyediakan fitur yang sama dari sesi terminal dengan akses ke antarmuka baris perintah server (CLI).Pada gambar misalnya, client sudah terhubung dari jarak jauh ke server menggunakan Telnet. Klien sekarang dapat menjalankan perintah seolah-olah terhubung secara lokal ke server.Catatan: Telnet tidak dianggap sebagai protokol yang aman. SSH harus digunakan di kebanyakan lingkungan, bukan di Telnet. Telnet digunakan dalam beberapa contoh dalam kursus ini untuk kesederhanaan konfigurasi.

    latar belakang & batasan permasalahan

Telnet Merupakan salah satu CLI yang memungkin kan kita bisa remote server dengan mode cli 


    maksud dan tujuan

agar kita bisa mengetahui apa si itu Virtual Terminal ?,sebelum melangkah ke langkah selanjutnya
    hasil yang diharapkan

Ilmu Pengetahuan
alat dan bahan

-
jangka waktu pelaksanaan

-
tahap pelaksanaan

-
hasil yang didapatkan

Ilmu Pengetahuan


temuan permasalahan

Setelah koneksi Telnet dibuat, pengguna dapat melakukan fungsi yang berwenang di server, sama seperti jika mereka menggunakan sesi command line di server itu sendiri. Jika diberi otorisasi, mereka dapat memulai dan menghentikan proses, mengkonfigurasi perangkat, dan bahkan mematikan sistem.

Sedangkan protokol Telnet dapat meminta pengguna untuk masuk, namun tidak mendukung pengangkutan data terenkripsi. Semua data yang dipertukarkan selama sesi Telnet diangkut sebagai plaintext di seluruh jaringan. Artinya data bisa dicegat dan mudah dipahami.

Saat keamanan menjadi perhatian, protokol Secure Shell (SSH) menawarkan metode alternatif dan aman untuk akses server. SSH menyediakan struktur untuk remote login yang aman dan layanan jaringan aman lainnya. Ini juga memberikan otentikasi yang lebih kuat daripada Telnet dan mendukung pengiriman data sesi menggunakan enkripsi. Sebagai praktik terbaik, profesional jaringan harus selalu menggunakan SSH di tempat Telnet, bila memungkinkan.

kesimpulan

Virtual Terminal merupakan sarana baik bagi kalian yang ingin meremote server dari jauh,akan tetapi VirtualTerminal ada yang tidak aman contohnya Telnet jika kita ketik disana juga ketahuan mksdnya tidak di enkripsi,Nah bagaimana caranya agar kita bisa enkripsi ? pakailah SSH (aku kek nawarin produk :v ) Secure Shell


refensi dan daftar pustaka

netacad.com
Best Path Networking

No comments

Powered by Blogger.