Header Ads

AD BANNER

Input, Output, dan Forward

Assalamu'alakum Wr. Wb



Masih tentang firewall, postingan kali ini saya akan membahas mengenai chain filter rules pada firewall Mikrotik. Lebih jelasnya mari kita ikuti pembahasannya.


Input, Output, dan Forward

A. Pendahuluan

1. Pengertian

Ancaman dari luar yang masuk ke dalam jaringan lokal sangat berbahaya. Sehingga kita perlu memberikan keamanan kepada jaringan kita. Dengan adanya firewall ancaman ancaman dari luar dapat diatasi. Pada submenu /ip firewall rules pada mikrotik terdapat chain input, output, dan forward.

2. Latar Belakang

Jaringan lokal kita terhubung dengan internet tentu terdapat ancaman yang mengancam kepada jarigan lokal kita. Data data yang kita miliki bisa diambil, dirusak atau bahkan disebarluaskan. Maka dari itu terdapat Firewall (firewall) kita perlu mengatur apa yang masuk dan keluar dari jaringan lokal kita.

3. Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan dengan diadakannya kegiatan ini adalah untuk:
1. Dapat mengetahui fungsi dari input, output dan forward.

4. Hasil yang Diharapakan

Setelah diadakannya pembahasan ini diharapkkan dapat tahu maksud dan tujuan dari chain input, output dan forward.

5. Alat dan Bahan

- Komputer/laptop
- Kabel STP/UTP
- Mikrotik

B. Pembahasan

1. Pemabahasan

Pada Mikrotik terdapat sebuah parameter utama pada rule di fitur firewall ini yaitu “Chain”. Parameter ini memiliki kegunaan untuk menetukan jenis trafik yang akan di-manage pada fitur firewall dan setiap fungsi pada firewall seperti Filter Rule, NAT, Mangle memiliki opsi chain yang berbeda.
Pada Filter Rules terdapat 3 chain yaitu : Input, Output, dan Forward.
Input
Digunakan untuk memproses paket memasuki router melalui salah satu interface dengan alamat IP tujuan yang merupakan salah satu alamat router. Chain input berguna untuk membatasi akses konfigurasi terhadap Router Mikrotik. Koneksi yang terjadi dari local menuju router dan berakhir di router
contoh : penggunaan proxy internal (proxy internal kan di dalem router tempatnya)


Output
Digunakan untuk proses paket data yang berasal dari router dan meninggalkan melalui salah satu interface, koneksi yang terjadi dari router menuju public. Koneksi yang terjadi dari router menuju local. Artinya koneksi tercipta karena router sendiri yang meminta (kebutuhan router itu, bukan dari local / public).
contoh : hasil dari proxy internal mikrotik yang di kirimkan ke client.
Forward
Digunakan untuk proses paket data yang melewati router, koneksi yang terjadi dari public ke local atau Koneksi yang terjadi dari local ke public dengan ketentuan tanpa ada proses di dalam router, artinya koneksi tersebut adalah langsung dan hanya numpang lewat di router tidak ada terjadi suatu proses di dalam router.

2. Masalah yang Ditemui

-

3. Hasil yang Didapatkan

- Dapat mengetahui apa itu input, output, dan forward pada chain fiter rules pada mikrotik.

C. Penutup

1. Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa input koneksi lokal berakhir di router, output yaitu koneksi yang terjadi dari router ke jaringan lokal, sedangkan forward yaitu paket melewati router.

2. Referensi dan Daftar Pustaka



Sekian yang dapat saya sampaikan, Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.


Wassalamu'alaikum Wr. Wb

No comments

Powered by Blogger.