Header Ads

AD BANNER

Cisco Paket Tracer

Assalamualaikum wr. wb

CISCO NETESS- Halo semuanya, postingan hari ini saya akan membahas tentang Cisco Packet Tracer. Mengapa saya membahas Packet Tracer? Nah saya membahas Packet Tracer karena hari ini saya mengikuti Ujian Praktek Packet Tracer. Nah Sebenarnya apa itu packet tracer? OK kita mulai saja pembahasannya.
CISCO PACKET TRACER
CISCO PACKET TRACER JEMA MAWALDI

A. Pengertian
Packet Tracer adalah simulator alat alat jarinpgan cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan atau untuk membanun jaringan secara virtual yang bisa dikenal dengan sebutan simulasi jaringan komputer. Program ini diluncurkan oleh Cisco System dan tersedia gratis di sejumlah fakultas, siswa, serta alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Adapun misi yang dibawa oleh alternatif anyar ini ialah agar para siswa dan pengajar dapat menguasai prinsip jaringan komputer dan meningkatkan kemampuan mereka terutama pada alat-alat jaringan Cisco.

Bicara soal pengertian cisco packet tracer dan fungsinya, tentu tidak luput dari cara penggunaannya. Diaplikasikan melalui sertifikasi Cicso Academy Network Associate (CCNA) lantaran alat ini mempunyai batasan dan hanya bisa digunakan sebagai alat bantu belajar bukan pengganti cisco routers atau switches.

B. Manfaat
Perangkat Cisco terkenal dengan harganya yang mahal. Harga tentu membawa kualitas. Jika ingin memakai atupun latihan menggunakan perangkat tersebut
Dengan adanya perangkat lunak simulasi Semacam Packet Tracer, kita bisa dengan mudah mempraktikkan teori yang telah kita dapat, khususnya dalam bidang jaringan komputer. Kita hanya perlu menginstal perangkat lunak, tidak perlu membeli perantiperanti berharga mahal. Packet Tracer biasanya digunakan oleh siswa CCNA Academy, karena tersedia untuk mereka secara gratis.


C. Keunggulan

1. Pembelajaran akan lebih menarik sebab media yang dipakai berupa visual atau gambar.
2. Dapat mengurangi Biaya besar untuk melakukan kegiatan pembuatan jaringan.
3. Dapat meningkatkan kreativitas individu karena pembelajaran dilakukan sendiri.
4. Dimungkinkan siswa untuk mengeluarkan idea atau gagasannya secara baik dan sistematis.
5. Dapat melakukan rancangan suatu topologi jaringan dengan mudah serta penempatan perangkat jaringan dapat diatur dan ditentukan dengan baik.


D. Tools Cisco Packet Tracer

Didalam Packet Tracer terdapat tool-tool antara lain ;

1) Toolbar

File : yang berisikan perintah new, open, open samples, save, save as, save as pkz, save as common cartridge, print, recent file dan exit.Edit : yang berisikan perintah copy, paste, undo dan redo.Option : yang berisikan perintah preference, user profile, algorithm setting dan view command log.View : yangberisikan perintah zoom dan toolbar.Tool : yang berisikan perintah Drawing Pallet dan Custom Device Dialog.Extension : yang berisikan perintah Activity Wizard, Multi User, IPC scripting, Clear terminal agent, lan multi user agent, wan multi user agent, upnp multi user.Help : yang berisikan perintah content tutorial report and issue dan about.


2) Main Toolbar

New :  untuk membuar file baru.Open :    untuk membuka file packet tracer.save untuk menyimpan file packet tracer yang telah di buat.print untuk mencetak hasil packet tracaer.activity wizard untuk membuka aktifitas wizard.copy untuk mengkopi seleksi.paste untuk menempel file hasil copy.undo membatalkan perintahredo untuk membatalkan undo.zoom in memperbesar tampilan layar kerja.zoom reset mereset layar kerja yang telah di zoom in. atau di zoom out.zoom out memperkecil tampilan layar kerja

3) Common tool bar

bar ini menyediakan akses ke alat alat kerja yang umum di gunakan : select. Move layout, place note, delete, inspect rezise, shape, add simple pdu, dan add complex pdu.

4) Logical / Pyshical work space and navigations bar

Kalian dapat beralih antara work space fisik dan logical dengan tab pada bar ini. Dalam work space logic, bar ini juga memungkinkan kalian untuk kembali ketingkat sebelumnya dalam sebuah Cluster, membuat cluster baru, pindah objek, set ubin latar belakang, dan view port. Dalam work space fisik, bar ini memungkinkan anda untuk menavigasi melalui lokasi fisik, membuat kota baru, membuat gedung baru, membuat cluster baru, pindah objek, menerapkan grid ke latar belakang, set up latar belakang, dan pergi ke cluster kerja.

5) Workspace

Daerah ini dimana kalian akan membuat jaringan yang di inginkan, menonton simulasi, dan melihat berbagai jenis informasi dan statistic.

6) Real time/Simulation Bar

Kalian dapat beralih antara real time mode dan  simulation mode dengan tab pada bar ini bar ini juga menyediakan tombol power cycle device dan fast forward time serta tombol play control dan tombol event list toggle button di simulation mode. Juga , berisi jam yang menampilkan waktu relatif real time mode dan simulation mode.

7) Network Component Box

Berisi device type selection box dan device specific selection box.

Daftar Pustaka :
Salbela Dwi
Evita Blog Address

Nah sudah paham mengenai packet tracer? Kalau belum paham apa yang belum dipahami? jangan sungkan silahkan tuliskan di komentar dan kirimkan. Kita bahas bersama sama menganai packet tracer. Sekian postingan hari ini kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb

No comments

Powered by Blogger.