Header Ads

AD BANNER

Apa Itu FreeBSD?


Assalamualaikum wr wb
Apa kabar para pembaca? Kita hari ini akan membahas mengenai setan merah. Wow. Red Devil kah? Kita akan membahas Red Devil tetap bukan MU ya. Kita akan embahas FreeBSD karena hari ini saya mengikuti workshop meengenai FreeBSD yang dibawakan oleh mas Andy Hidayat. Seperti apa pembahasannya? Kita mulai saja pembahasannya. Sela mat Membaca.


FreeBSD

FreeBSD jema

A. Pembukaan

1. Latar Belakang

Semakin berkembangnya teknologi dan semakin cepatnya kemajuan komputer. Sekarang ini semakin banyak sistem operasi yang banyak digunakan. Mulai dari untuk harian hingga untuk kebutuhan publik seperti server. FreeBSD adalah salah satu dari sekian banyak sistem operasi yang beredar dan banyak digunakan.

2. Maksud dan Tujuan

Pembahasan pada kesempatan ini, memiliki maksud dan tujuan:
1. Mengetahui apa itu FreeBSD
2. Mengetahui kegunaan dari FreeBSD
3. Mengetahui keunggulan dan keleemahan FreeBSD daripada OS lain.

3. Hasil yang Diharapkan

Dengan diadakannya pembahasan ini diharapkan dapat :
1. Dapat memahami apa itu FreeBSD, kegunaannya, kelebihan dan keurangannya.

4. Alat dan Bahan

1. Komputer / Laptop
2. Koneksi Internet

B. Pembahasan

1. Apa itu FreeBSD

Sebenarnya FreeBSD itu apa sih?? FreeBSD adalah sistem operasi untuk berbagai platform yang berfokus pada fitur, kecepatan, dan stabilitas. Ini berasal dari BSD, versi UNIX® yang dikembangkan di University of California, Berkeley. Ini dikembangkan dan dikelola oleh sebuah komunitas besar.(FreeBSD.org)
Namun menurut wikipedia FreeBSDadalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD-Lite, meskipun pada awalnya FreeBSD rilis 1.0 diturunkan dari sistem operasi 386BSD dan 4.3BSD-Lite.
FreeBSD dirilis dengan berbagai lisensi perangkat lunak terbuka. Kode kernel dan mayoritas kode yang baru ditulis dirilis dengan lisensi BSD 2-ayat yang memperbolehkan semua orang untuk memakai dan mendistribusikan FreeBSD sesuai keinginan mereka. Lisensi ini disetujui oleh Yayasan Perangkat Lunak Bebas dan Open Source Initiative sebagai lisensi perangkat lunak bebas dan lisensi perangkat lunak sumber terbuka.

2. Kelebihan dan Kekurangan

Setiap sistem operasi tentu memiliki kekuranga dan kelebihan masing masing. Untuk FreeBSD sendiri kelebihan dan kekurangannya adalah:
Kelebihan :
Bersifat opensource (bisa di download langsung dr www.freebsd.org).
Memiliki sistem software third-party yang memberikan kemudahan yang berarti bagi para user untuk menambah atau menghapus aplikasi-aplikasi. Para user cukup mengeksekusi satu baris perintah dan aplikasi-aplikasi dengan sendirinya di-download, dicek integritasnya, di-build, dan diinstall secara otomatis. Tugas-tugas administrasi sistem menjadi sangat praktis dan mudah.
Secure, powerfull, mendukung patch dan update, disertai port dan package u/ memudahkan install software lain, disertai firewall, dan ada team yang akan selalu develop OS FreeBSD.
Sistem stabil untuk database, server internet, intranet, file-server, intranet client, pengembangan java.
FreeBSD dapat berjalan lebih cepat dari Linux dalam beberapa bagian misal sebagai server NFS,Termasuk sistem operasi yang hemat karena versi gratisnya.


Kekurangan :
Free BSD tidak dpt digunakan pada mikro karnal lam PC IBM.
Tidak mendukung ISA-plug-and-ply-card.
Kecilnya basis developer dan pemakai yang mencari bug/kelemahan program.
Belum jelas masa depannya untuk server database dan sistem operasi desktop.


3. Temuan Permasalahan

-

C. Penutup

1. Kesimpulan

Dapat disimpulkan FreeBSD yaitu sistem operasi sumber terbuka/ open source. Sistem operasi ini menggunkan lisensinya sendiri yaitu Lisensi BSD. Sistem operasi ini memilki keamanan yang tinggi.

2. Refernsi dan Daftar Pustaka



Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai FreeBSD. Untuk lebih jelasnya bisa mencari referensi di situs resmi dari FreeBSD pad link refernsi dan daftar pustaka. Kurang leebihnya dari postingan kali ini saya mohon maaf. Terima kasih semoga bermanfaat.


Wassalamu’alaikum Wr Wb

No comments

Powered by Blogger.