Header Ads

AD BANNER

Bandwith, Troughput, dan Goodput

Assalamu'alaikum Wr Wb.


  1. JUDUL
    Bandwith, Troughput, dan Goodput
  1. PENDAHULUAN
  1. LATAR BELAKANG & BATASAN PERMASALAHAN
    Dalam pengiriman data tentu terdapat bandwith, troughput, dan goodput. Sebenarnya apa itu? Maka dari itu kita mulai pembahasannya.
  2. MAKSUD DAN TUJUAN
    Kegiatan ini memiliki maksud dan tujuan untuk:
    - Apa itu Bandwith
    - Apa saja Troughput
    - Apa saja Goodput
  3. HASIL YANG DIHARAPKAN
    Dengan pembahasan ini diharapkan dapat mengetahui :
    - Apa itu Bandwith
    - Apa saja Troughput
    - Apa saja Goodput
  1. PEMBAHASAN
    PEMBAHASAN
BANDWITH
Bandwidth adalah suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau yang biasanya disebut dengan bit per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu. Atau definisi bandwidth yaitu luas atau lebar cakupan frekuensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi. Jadi dapat disimpulkan bandwidth yaitu kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Fungsi bandwidth adalah untuk menghitung transaksi data. 
TROUGHPUT 
Bila digunakan dalam konteks jaringan komunikasi , seperti Ethernet atau packet radio , throughput atau throughput jaringan adalah tingkat pengiriman pesan yang berhasil melalui saluran komunikasi. Data pesan-pesan ini dapat dikirim melalui tautan fisik atau logis, atau bisa melewati simpul jaringan tertentu. Throughput biasanya diukur dalam bit per detik (bit / s atau bps), dan terkadang dalam paket data per detik (p / s atau pps) atau paket data per slot waktu . 
GOODPUT 
Goodput adalah throughput tingkat aplikasi (yaitu jumlah bit informasi berguna yang disampaikan oleh jaringan ke tujuan tertentu per unit waktu). Jumlah data yang dianggap tidak termasuk bit overhead protokol serta paket data yang dikirim ulang. Hal ini terkait dengan jumlah waktu dari bit pertama dari paket pertama yang dikirim (atau dikirim) sampai bit terakhir dari paket terakhir dikirimkan. 
Misalnya, jika sebuah file ditransfer, goodput yang dialami pengguna sesuai dengan ukuran file dalam bit dibagi dengan waktu transfer file. Goodput selalu lebih rendah dari throughput (bit rate kotor yang ditransfer secara fisik), yang umumnya lebih rendah dari kecepatan koneksi akses jaringan ( kapasitas saluran atau bandwidth ).
    Contoh faktor yang menyebabkan goodput lebih rendah dari pada throughput adalah:
  • Protokol overhead : Biasanya, lapisan transport, lapisan jaringan dan kadang-kadang lapisan overhead layer datalink disertakan dalam throughput, namun dikeluarkan dari goodput.
  • Transport flow control layer dan congestion avoidance : Sebagai contoh, TCP slow start dapat menyebabkan goodput lebih rendah daripada throughput maksimum.
  • Retransmisi paket yang hilang atau rusak karena permintaan pengulangan repeat layer transport (ARQ), yang disebabkan oleh kesalahan bit atau packet dropping pada switch dan router yang macet, termasuk dalam lapisan datalink atau throughput layer jaringan namun tidak dalam goodput.
    Goodput adalah rasio antara jumlah informasi yang disampaikan, dan total waktu pengiriman. Waktu pengiriman ini meliputi:
  • Kesenjangan waktu antar paket yang disebabkan oleh waktu pemrosesan paket (sumber yang tidak menggunakan kapasitas jaringan penuh), atau berdasarkan waktu protokol (misalnya penghindaran tabrakan )
  • Penundaan pengiriman data dan overhead (jumlah data dibagi dengan bit rate )
  • Penambatan propagasi (jarak dibagi dengan kecepatan perambatan gelombang)
  • Penundaan antrian paket
  • Penundaan terjemahan NAT
  • Keterlambatan pemrosesan dan penyimpanan node antar intermediate
  • Waktu pengiriman ulang paket (dalam kasus paket yang terhapus pada router yang macet, atau kesalahan bit yang terdeteksi)
  • Tertunda mengetahui adanya flow control, congestion avoidance dan processing delay
  1. TEMUAN PERMASALAHAN
  2. HASIL YANG DIHARAPKAN
  1. KESIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA
  1. KESIMPULAN
  2. DAFTAR PUSTAKA


     Sekian semoga bermanfaat, kurang lebihnya mohon maaf. terima kasih
    Wassalamu'alaikum wr. wb 

No comments

Powered by Blogger.