Header Ads

AD BANNER

JARINGAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI

Assalamu'alaikum Wr Wb

Kembali lagi dengan saya. Postingan hari ini saya akan membahas mengenai jaringan dalam kehidupan sehari hari. mari kita ikuti bersama pembahasannya.

JARINGAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI

A. PENDAHULUAN

1. Pengertian

Sebenarnya jaringan itu? Jaringan adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

2. Latar Belakang

"Hei Shad, apakah kamu online?" "Tentu saja, saya!" Berapa banyak dari kita yang masih memikirkan apakah kita "online" atau tidak? Kami mengharapkan perangkat, ponsel, tablet, laptop, dan komputer desktop kami selalu terhubung ke Internet global. Kami menggunakan jaringan ini untuk berinteraksi dengan teman, berbelanja, berbagi foto dan pengalaman, dan belajar. Internet telah menjadi bagian kehidupan sehari-hari yang hampir kita anggap remeh.
Biasanya, ketika orang menggunakan istilah Internet, mereka tidak mengacu pada koneksi fisik di dunia nyata. Sebaliknya, mereka cenderung menganggapnya sebagai koleksi tak berbentuk. Ini adalah "tempat" orang pergi untuk mencari atau berbagi informasi.

3. Tujuan

Dengan diadakanny kegiatan ini diharapkan dapat mengetahui 3 hal berikut:
1. Dapat menjelaskan persyaratan dasar untuk online.
2. Dapat menjelaskan pentingnya representasi jaringan.
3. Dapat membangun kabel ethernet.

B. PEMBAHSAN

Apa itu jaringan?
Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti HubBridgeSwitchRouterGateway sebagai peralatan interkoneksinya.

Siapa yang Memiliki "Internet"?
Internet tidak dimiliki oleh individu atau kelompok manapun. Internet adalah kumpulan jaringan interkoneksi di seluruh dunia (internetwork atau internet untuk jangka pendek), bekerja sama satu sama lain untuk bertukar informasi menggunakan standar umum. Melalui kabel telepon, kabel serat optik, transmisi nirkabel, dan tautan satelit, pengguna internet dapat bertukar informasi dalam berbagai bentuk, seperti yang ditunjukkan pada gambar.
Segala sesuatu yang Anda akses online terletak di suatu tempat di Internet global. Situs media sosial, permainan multi-pemain, pusat pesan yang menyediakan email, kursus online - semua tujuan Internet ini terhubung ke jaringan lokal yang mengirim dan menerima informasi melalui Internet.
Pikirkan semua interaksi yang Anda alami di siang hari yang mengharuskan Anda online.

Jaringan Lokal

Jaringan lokal hadir dalam berbagai ukuran. Mereka bisa berkisar dari jaringan sederhana yang terdiri dari dua komputer, hingga jaringan yang menghubungkan ratusan ribu perangkat. Jaringan yang dipasang di kantor kecil, atau rumah dan kantor rumah, disebut sebagai jaringan Kantor Rumah Kecil (SOHO). Jaringan SOHO memungkinkan pembagian sumber daya, seperti printer, dokumen, gambar dan musik antara beberapa pengguna lokal.
Dalam bisnis, jaringan besar bisa digunakan untuk mengiklankan dan menjual produk, memesan persediaan, dan berkomunikasi dengan pelanggan. Komunikasi melalui jaringan biasanya lebih efisien dan lebih murah daripada bentuk komunikasi tradisional, seperti surat biasa atau panggilan telepon jarak jauh. Jaringan memungkinkan komunikasi cepat seperti email dan pesan instan, dan memberikan konsolidasi dan akses ke informasi yang tersimpan di server jaringan.
Jaringan bisnis dan SOHO biasanya menyediakan koneksi bersama ke Internet. Internet dianggap sebagai "jaringan jaringan" karena secara harfiah terdiri dari ribuan jaringan lokal yang saling terhubung satu sama lain.

Membuat Koneksi

Internet menghubungkan lebih banyak perangkat komputasi daripada hanya komputer desktop dan laptop. Ada perangkat di sekitar yang dapat berinteraksi dengan Anda setiap hari yang juga terhubung ke Internet.
Misalnya, orang menggunakan perangkat seluler lebih banyak setiap hari untuk berkomunikasi dan menyelesaikan tugas sehari-hari, seperti memeriksa cuaca atau berbagi gambar.Banyak hal di rumah Anda juga dapat dihubungkan ke Internet sehingga bisa dipantau dan dikonfigurasi dari jarak jauh. 
Ada juga banyak perangkat yang terhubung ditemukan di dunia luar rumah Anda yang memberikan kemudahan dan berguna bahkan informasi penting. Klik item yang ditunjukkan pada Gambar 3 untuk mempelajari lebih lanjut tentang perangkat terhubung yang sering ditemukan ini.
C. PENUTUP

1. Kesimpulan

Dapat disimpulkan, bahwa kita tidak lepas dengan jaringan. Mulai dari kita dirumah menggunakan Mobile Phone, disekolah menggunkan komputer, di kantor dan lain lain. 

2. Daftar Pustaka


Sekian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin menyampaikan kritik dan saran atupun ingin bertanya silahkan tuliskan pada kolom komentar. Atas segala kekurangan yang sampaikan saya mohon maaf. Terimakasih


Wassalammu'alaikum Wr Wb

No comments

Powered by Blogger.