Header Ads

AD BANNER

Materi MTCNA ( Lisensi Mikrotik )

Assalammualaikum.wr.wb

http://shop.wirelessguys.com/core/media/media.nl?id=5272&c=ACCT69587&h=1cb5de94ea7f0b56839f 

  • Pendahuluan
Hai apa kabar semua nya, kabar baikan , oke jadi begini saya hari ini akan share ilmu saya tentang apa saja lisensi yang ada pada mikrotik


  • Pengertian
Perangkat outerBOARD telah terinstal dengan lisensi RouterOS, jika Anda telah membeli perangkat RouterBOARD, tidak ada yang harus dilakukan terkait lisensi.

Untuk sistem X86 (misalnya perangkat PC), Anda perlu mendapatkan kunci lisensi.

Kunci lisensi adalah blok simbol yang perlu disalin dari akun mikrotik.com Anda, atau dari email yang Anda masuki, dan kemudian bisa disisipkan ke router. Anda bisa menempelkan kunci di manapun di terminal, atau dengan mengklik "Tempel kunci" pada menu Lisensi Winbox. Reboot diperlukan agar kunci mulai berlaku.

Skema perizinan RouterOS didasarkan pada nomor SoftwareID yang terikat ke media penyimpanan (HDD, NAND).

Pengertian Tiap - Tiap Lisensi pada Mikrotik

    Lisensi Mikrotik tersedia dari level 0,1,3 sampai dengan level 6, yang jelas kemampuannya berbeda-beda sesuai dengan levelnya, berikut penjelasan lisensi level mikrotik yang ada :

   
Level 0 : Pada level ini adalah level Demo, jadi tidak ada biaya yang harus dikeluarkan alias gratis. Namun ada batasan bagi penggunanya dan batasan tersebut hanya dua puluh empat jam, setelahnya level ini akan notresponding secara otomatis.

    Level 1 : Level ini sama dengan level 0, masih Demo dan tentunya gratis. Disni anda bisa menggunakannya untuk fungsi routing yang standar saja masih baku dengan satu panel pengaturan dan tidak memiliki batasan waktu penggunaan.

    Level 3 : Untuk level ini masih gratis juga, fiturnya sudah termasuk level 1 ditambah dengan kemampuan memanagemen perangkat keras Ethernet dan perangkat wireless client serta perangkat kartu jaringan lainnya.

    Level 4 : Di level yang ke 4 ini sudah berbayar Harganya sekitar 31 dolar setara dengan Rp. 403.000, fitur ini sudah mencangkup level 1,3 dan kemampuan mengelola perangkat wireless akses poin.

    Level 5 : Untuk mikrotik level ini harganya 65 dolar setara dengan Rp. 845.000,- fitur ini mencangkup level 1,3,4 dan ditambah pengelolaan hotspot yang lebih banyak.

    Level 6 : Pada level ini tentunya sudah mencangkup semua level atau tidak ada limitnya. Untuk harganya sekitar 155 dolar setara dengan Rp 2.015.000,- kemampuannya sudah mencangkup semua level dan dalam batas maksimal.

 

di bawah ini lebih lengkap

  

  (*) - BGP is included in License Level3 only for RouterBOARDs, for other devices you need Level4 or above to have BGP.
  • Kesimpulan
Jadi mau pilih level yang mana kita sudah bisa mengidentifikasi paling tidak jumlah user pengguna jaringan kita berapa. Jadi kalo user ada 150 orang,  anda tidak bisa pakai level 4 karena level 4 maksimum hotspot active user hanya 200, kalo ada 150 orang dan bayangkan jika 1 orang punya 2-3 gadget maka insya Allah jaringan anda akan terganggu.
  • Referensi


 Walikumsalam.wr.wb

No comments

Powered by Blogger.