Header Ads

AD BANNER

Konfigurasi Dasar MIkroTik dengan WinBox

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Apa kabar semua?? postingan hari ini akan membahas mengenai Konfigurasi dasar mikrotik menggunakan WinBox. Kita mulai saja pembahsannya, berikut ini.

Konfigurasi Dasar MikroTik Dengan WinBox



A. Pemdahuluan

1. Pengertian

Winbox adalah aplikasi yang digunakan untuk remote mikrotik. Tidak hanya winbox yang bisa untuk remote mikrotik. Ada NeighbourViewer atau bisa menggunakan putty dan yang lainnya. Pada pembahsan ini saya menggunakan Winbox. Kenapa saya menggunakan winbox? Karena untuk winbox sering digunakan oleh banya teknisi.

2. Latar Belakang

Dengan beragamnya aplikaasi untuk remote Mikrotik. Setidaknya kita sudah mengetahui salah satu dari apliksi tersebut. Yang paling umum digunakan yaitu WinBox.

3. Maksud dan Tujuan

Dapat menggunakan Winbox

4. Hasil yang Diharapakan

Diharapakan dapat menggunakan WinBox.

5. Alat dan Bahan

Laptop
Mikrotik RB
Kabel UTP/STP
Aplikasi Winbox

B. Pembahasan

1. Pembahasan

Untuk bisa setting mikrotik bisa menggunakan berbagai cara salah satunya adalah menggunakan Winbox. Aplikasi ini sering digunakan karena menggunakan gui. Tidak seperti kita menggunakan Direct Console. Pada kesempatan ini saya akan mempraktikkan menggunakan Winbox dengan konfigurasi dasar identitas dan user mikrotik.
Siapkan alat dan bahan untuk praktik. Alat dan bahan yang saya gunakan tertera diatas. Disini saya menggunakn OS linux. Jadi untuk saya menggunakan Winbox saya perlu aplikasi WINE untuk membukanya. Jika ingin mengetahui bagaimana menginstall WINE pada postingan lain saya akan sharing bagaimana menginstall WINE. Lanjut lagi ke materi, setelah dipersiapan alat dan bahannya kita siap melakukan praktik.
Pertama kita buka dulu aplikasinya Winbox. Nah setelah kita membukanya akan muncul tampilan seperti berikut ini.
Sebelum saya membahas lebih jauh kita bahas mengenai tampilan dari winbox ini. Pada no. 1 terdapat nama dari aplikasi yang kita gunakan. Kita menggunnakan Winbox versi 3.12. Pada no. 2 adalah tempat untuk login dengan user dan password mikrotik.
Connect To => diisi MacAddress atau IP Address Mikrotik yang akan disetting.
Login => diisi user untuk login ke mikrotik, user default mikrotik yaitu admin.
Password => diisikan password dari user. Password default dari mikrotik yaitu kosong atau tidak diisi.
No.3 berisi informasi neighbour atau mikrotik yang ada di sekitar kita dan terhubung dengan kita. Jika tidak ada yang terhubung dengan kita akan muncul tapilan seperti diatas. Jika ada yang terhubung akan muncul keterangan keterangan yang berisi, Mac Address, IP address, Identity/ identitas, Versi, Board, dan uptime.
No. 4 berisi tool tambahan yaitu untuk advanced mode.
Ok setelah paham mengenai tampilan awal kita mulai saja mengaksesnya dan kita mulai settingnya.
Ini ada tampilan kita saat kita mengakses mikrotik dengan winbox. Pada bagian title berisi “admin@192.168.2.1 (MikroTik) – Winbox v6.40.6 on hAP lite (smips)” ini berarti kita mengakses dengan user admin di 192.168.2.1, id mikrotiknya MikroTik, kita mengaksesnya melalui winox, versi RouterOS kita 6.40.6 hAP lite (smips). Menu menu pada winbox terdapat di bagian kiri. Mulai dari quick set sampai exit.
Konfigurasi dasar bisa kita mulai sekarang setelah kitamengenal winbox.
Langkah pertama kita buat ID untuk mikrotik kita. Untuk apa kita buat ID atau Identity untuk mikrotik kita? Supaya kita dapat memudahkan akses mkrotik kita juga untuk menandai agar tidak tertukar saat kita akan mengakses mikrotik. Settingnya mudah, kita klik .:: system identity ::. kemudian kita buat nama untuk mikrotiknya, misal .:: MikroTik_NAMA ::.
Langkah kedua, setting User untuk MikroTiknya supaya hanya orang orang tertentu yang bisa mengaksesnya. Langkahnya .:: system user ::. kita tambahkan nama usernya, group, dan password. Untuk user admin bisa kita hapus atau kita beri akses read saja. Rekomendasi admin dihapus saja.
Langkah ketiga, kita setting clock dari mikrotik. .:: system clock ::. Jam, tanggal, bulan, tahun serta zona waktu diganti sesuai lokasi kita.


Nah untuk settingan dasar kita sudah selesai untuk selanjutnya bisa buka artikel selanjutnya.

2. Jangka Waktu Pelaksanaan

15 menit

3. Temuan Permasalahan



C. Penutup

1. Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa, kita mengakses mikrotik dengan winbox lebih mudah karena menggunakna tampilan GUI sehingga tidak hanya denga menggunakna tampilan tulisan.

2. Referensi dan Daftar Pustaka

Ebook MTCNA


Sekian postingan hari ini. Semoga bermanfaat, Terima Kasih.




Wassalamu'alaikum Wr Wb

No comments

Powered by Blogger.