Header Ads

AD BANNER

IT VOLUNTEER : Komponen Komponen Komputer

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


1. Judul/Nama Kegiatan
“Komponen Komponen Komputer kepada kelas 8b SMPN 4 Ampel"

2. Pendahuluan
-- Pengertian
Komponen komponen komputer adalah bagian bagian yang terpenting dalam komputer.

-- Latar belakang dan batasan permasalahan

Setelah sebelumnya kelas 8b memahami apa itu komputer maka kegiatan selanjutnya adalah membahas mengenai komponen komponen komputer.

-- Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui:
--- Apa itu komponen komponen komputer.
--- Apa saja komponen komponen komputer.

-- Hasil yang Diharapkan
Setelah kegiatan pembahasan ini selesai diharapakan pembaca dapat menge-tahui :
--- Apa itu komponen komponen komputer.
--- Apa saja komponen komponen komputer.

 3. Alat dan Bahan
--

4. Proses dan Tahap Pekerjaan
-- Pembahasan
Komponen utama komputer ada 3, yaitu: Software, Hardware, dan Brainware.
1. Merupakan perangkat keras/perangkat fisik dari komputer. Perangkat ini terdiri dari perangkat tertentu dan mempunyai tugas tertentu dalam membangun sebuah sistem kerja komputer. Ciri-ciri dari hardware adalah terlihat/nampak fisiknya berupa barang, sehingga bisa dipegang.
Hardware pokok dari komputer adalah Monitor, keyboard, mouse dan CPU. Hardware CPU yang dimaksud berisi minimal Motherboard, Processor, Memori, Harddisk. Dengan hardware pokok tersebut, komputer sudah bisa dijalankan bersama software dan Brainware.
2. Software adalah sekumpulan program atau perintah-perintah digital untuk mengkoordinasikan kerja dari hardware. Software sebenarnya dibagi dalam beberapa bagian menurut fungsi/kerjanya. Untuk lebih menyederhanakannya, software terbagi menjadi 2. Software yang digunakan untuk mengatur kerja hardware sampai dengan siap digunakan lebih lanjut, sering disebut dengan Operating System (OS). Contoh dari OS adalah LINUX, Apple dan Microsoft Windows.
3. Brainware atau perangkat otak / pelaksana, dalam hal ini adalah manusia. Manusia sebagai brainware terdiri dari beberapa tingkatan. Tingkatan paling rendah adalah operator (hanya mampu menjalankan saja/menggunakan program). Tingkatan yang lain adalah programing dan analis.

5. Hasil Yang Didapatkan
--

6. Temuan Permasalahan
-- 

7. Kesimpulan yang Didapatkan
-- 



Sekian postingan kali ini. Jika anda ingin menambahkan dan ingin bertanya bisa anda tuliskan pada kolom komentar. Atas segala kekurangan atas postingan saya kali ini saya mohon maaf. Dan saya mohon kritik dan sarannya yang bersifat membangun untuk neningkatkan blog ini.



Wassalamu'alaikum Wr. Wb.




No comments

Powered by Blogger.