Header Ads

AD BANNER

Apa itu tower?

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Apa kabar?? kembali lagi dengan saya. Nah pada pembahasan hari ini kita akan membahas tentang Tower. Apa sih tower itu?? Apa kegunaan tower?? Lalu, mengapa harus tower?? Pasti ada yang bertanya seperti itu. OK, daripada kepo kita mulai saja pembahasannya.

1. Judul/Nama Kegiatan
“Apa Itu Tower?"

2. Pendahuluan
-- Pengertian
Apa itu tower?? Tower adalah besi yang dirangkai sedemikian rupa yang digunakan untuk jaringan komunikasi.

-- Latar belakang dan batasan permasalahan
Seiring berjalannya waktu banyak berkembang alat alat komunikasi yang me-mudahkan manusia berkomunikasi. Alat komunikasi membutuhkan jaringan supaya terhubung dan dapat saling berkomunikasi. Alat alat komunikasi di-hubungkan dengan alat alat jaringan. Alat alat omunikasi jaringan dipasang di berbagai tempat. Ada yang dipasang di tower, rumah, perkantoran dan lain lain.

Terdapat alat komunikasi yang dipasang di tower. Lalu apa sih tower itu? Mengapa harus menggunakan tower? Apa saja jenis tower itu?? Lalu apa yang harus dilakukan dalam pembuatan tower??

-- Maksud dan Tujuan
Setelah kegiatan pembahasan ini selesai diharapakan pembaca dapat menge-tahui :
-- Apa itu tower.
-- Fungsi tower.
-- Jenis jenis tower.
-- Hal hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan tower.

-- Hasil yang Diharapkan
Dengan pembahasan mengeni tower ini diharapakan dapat mengetahui tentang pengertian tower, fungsi tower, jenis tower, hal hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan tower.

 3. Alat dan Bahan
--

4. Proses dan Tahap Pekerjaan
-- Pembahasan
== Apa itu Tower??
 Menurut 86engineering.blogspot.com tower adalah menara yang terbuat dari rangkaian besi atau pipa baik segi empat atau segi tiga, atau hanya berupa pipa panjang (tongkat), yang bertujuan untuk menempatkan antenna dan radio pemancar maupun penerima gelombang telekomunikasi dan informasi.
 Tower terbuat dari bahan pipa besi, untuk ukuran tinggi pipa besi setinggi 6 meter dan untuk besi cor setinggi 12 meter.
== Jenis tower
Berdasarkan penampangnya tower terdapat dua macam yaitu, tower segitiga dan segi empat. Kedua tower ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing. 
a. Tower Segitiga


Tower Segitiga merupkan sebuah menara yang terbuat dari rangkaian besi atau pipa berbentuk segitiga yang bertujuan untuk menempatkan antena dan radio pemancar / penerima gelombang informasi. Tower segitiga memiliki kestabilan yang tinggi karena tali yang menahan tower seimbang atau semua bekerja. Dengan bahan yang sama tower segitiga lebih murah dibanding tower segiempat.
b. Tower segiempat
Tower segiempat merupakan menarang yang dirangkai dari besi yang berben-tuk segiempat. Tower ini memiliki kekuatan yang kuat. Harga perawatan dari tower ini relatif lebih mahal daripada tower segitiga.
== Pemasangan tower
a. Mengapa harus tower??
Mengapa kia harus menggunakan tower untuk memasang alat alat pointing jaringan. Karena tower memiliki ketahanan terhadap angin yang tinggi. Tower juga dapat dipasang alat lebih dari satu sesuai kekuatan tower. Sebenarnya kita bisa menggunakan tiang akan tetapi penggunaan tiang tidak terlalu tinggi karena jika terlalu tinggi terjadi kemungkinan roboh. Tiang digunakn untuk wilayh sektoral sehingga tidak perlu dipajat.
b. Spanner
Spanner digunakan untuk menopang tower dari guncangan angin. Spanner memiliki banyak jenis jenis jenis spanner tower yaitu Terpilin, Tunggal, dan Sealing. Untuk perawatan spanner, spanner harus diganti 3-5 tahun. Spanner harus sesuai pemasangan untuk menjaga keseimbangan dari tower tersebut.

5. Hasil Yang Didapatkan
-- Dapat mengetahui apa itu tower, jenis jenis tower, dan cara pemasangan tower.
6. Temuan Permasalahan
-- mencari sumber referensi yang lengkap.
7. Kesimpulan yang Didapatkan
-- Dapat disimpulkan tower adalah serangaian besi yang dirangaki sedemikian rupa sehingga menajadi menara. Tower digunakan untuk memasang perangkat jaringan yang digunakan untuk jaringan nirkabel.
8. Referensi dan Daftar Pustaka
-- http://www.penangkalpetir.com/category/tower-triangle/


Sekian postingan kali ini. Jika anda ingin menambahkan dan ingin bertanya bisa anda tuliskan pada kolom komentar. Atas segala kekurangan atas postingan saya kali ini saya mohon maaf. Dan saya mohon kritik dan sarannya yang bersifat membangun untuk neningkatkan blog ini.



Wassalamu'alaikum Wr. Wb.




No comments

Powered by Blogger.