Header Ads

AD BANNER

IT VOLUNTEER : GMAIL

Assalamualaikum wr wb


Postingan hari ini saya akan membahas Gmail. Mengapa saya membahas Gmail? Saya mmbahas Gmail karena saya mendapat permasalahan mengenai Gmail. Permasalahannya seperti ini, ada permntaan dari Guru SMPN 4 Ampel yang ingin belajar mengenai Gmail dan ingin mengetahui apa kegunaan Gmail tersebut. Daripada lama basa basinya kita mulai saja pembahasannya.


GMAIL

 

A. Pembukaan

1. Latar Belakang

Dalam kehidupan sehari hari kita membutukan email. Walaupun tidak setiap hari kita menggunakan untuk surat menyurat. Kegunaan email dalam bidang pendidikan sangat mendukung. Sebenarnya Email itu apa? Mengapa Email penting? Apa keunggulan Email? Apa saja jenis jenis Email?

2. Maksud dan Tujuan

Kegiatan ini memiliki maksud dan tujuan:
1. Dapat mengetahui apa itu Email.
2. Dapat mengetahui fungsi, kekurangan dan kelebihan Email.
3. Dapat mengetahui apa itu Gmail.
4. Dapat mengetahui kelebihan Gmail daripada yang lain.

3. Hasil yang Diharapkan

Diharapkan dengan dilakukannya pembahasan ini diharapkan dapat mengetahui email, fungsi email, kekurangan dan kelebihan email, dan dapat mengetahui apa itu Gmail.

4. Alat dan Bahan

1. Komputer / Laptop / SmartPhone
2. Koneksi Internet

B. Pembahasan

1. Email

Apa itu Email? Ada yang tidak tahu Email? Atau jangan jangan ada yang tidak tahu Email. Nah Email sering kita gunakan dalam kehidupan sehari hari. Akan tetapi banyak yang sudah menggunakan tetapi belum tahu apa itu email. Yang diketahui adalah mail hanya untuk membuat akun facebook, COC, dan lain lain. Nah sebenarnya apa sih Email itu?
Menurut Wikipedia Email adalah “is a method of exchanging messages between people using electronic devices” atau dalam bahasa Indonesia yaitu metode petukaran pesan antar manusia dengan menggunakan perangkat elektronik. Bagaimana sejarah Email itu? Surat elektronik atau Email sudah mulai dipakai pada tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan 'mainframe' yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.
Kalau kita menggunakan Email, keuntungan dan kerugian apa saja yang kita dapatkan??
Daripada surat menyurat menggunakan pos Email memiliki kelebihan sebagai berikut : Lebih mudah; Lebih Cepat; Biaya yang dikeluarkan lebih murah; dan masih banyak lagi keuntungan lainnya. Akan tetapi dibalik kelebihan yang dimiliki pada Email, Emal juga memiliki kerugian, kerugian tersebut seperti: jika kita salah menulis alamat tujuan maka pesan yang kita kirimkan dapat terkirim ke tujuan lain; Kita tergantung pada koneksi, jika kita tidak terputus dari jaringan maka kita tidak akan bisa mengirim Email.
Selain fungsi surat menyurat adakah fungsi yang lain, fungsi apa saja itu?
Nah selain fungsi surat menyurat kita dapat melakukan berbagai hal dengan email. Disini saya akan menggunakan Gmail sebagai Email. Mengapa Gmail? Karena saya menggunakan layanan email tersebut dan menurut saya email tersebut memiliki banyak keegunaan.
Sebelum kita membahas tentang kegunaan tersebut, kita bahas dahulu apa itu Gmail. Berikut pembahasannya.

2. Gmail

Gmail adalah layanan surel milik Google. Pengguna dapat mengakses Gmail dalam bentuk surat web HTTPS, protokol POP3 atau IMAP4. Gmail diluncurkan dengan sistem undangan dalam bentuk Beta pada 1 April 2004 dan tersedia untuk publik pada 7 Februari 2007 meski masih menyandang status Beta. Bersama seluruh produk Google Apps, layanan ini tidak lagi Beta pada 7 Juli 2009.
Dengan kapasitas penyimpanan awal 1 GB per pengguna, Gmail berhasil meningkatkan standar penyimpanan gratis surat web dari 2-4 MB yang ditawarkan para pesaingnya pada waktu itu. Pesan pribadi, termasuk lampiran, dibatasi hingga 25 MB, lebih besar daripada layanan surat web lainnya. Gmail memiliki antarmuak berorientasi pencarian dan "tampilan percakapan" yang mirip dengan forum Internet. Sejumlah pengembang web mengakui Gmail adalah layanan pertama yang memakai metode pemrograman Ajax. Gmail beroperasi dengan Google GFE/2.0 di Linux. Hingga Juni 2012, Gmail adalah layanan surat elektronik berbasis web terbesar dengan 425 juta pengguna aktif di seluruh dunia.
Dengan memanfaatkan email dari Google ini kita dapat memanfaatkan berbagai aplikasi milik google. Dengan email tersebut saya bisa mem-backup kontak saya dengan google kontak. Saya dapat melacak lokasi handphone saya jika handphone saya disembunyikan teman saya dengan google find my device. Dan keunggulan keunggulan yang lainnya.

3. Temuan Permasalahan

Permasalahan yang didapatkan yaitu ketika saya membahas mengenai Email ini terdapat yang belum bisa menggunakan Email. Apa saja bagian bagian dari Email?

C. Penutup

1. Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa Email memiliki banyak kegunaan kegunaan yang paling banyak digunakan adalah untuk mengirim surat menggunakan perangkat elektronik.

2. Refernsi dan Daftar Pustaka



Ok sudah paham kah mengenai email dan gmail itu? Kalau belum dapat dituliskan pada kolom komentar. Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf. Dan jika ada yang ingin menyampaikan kritik dan sarannya silahkan disampaikan pada komentar. Sekian terima kasih.


Wassalamu’alaikum Wr Wb

No comments

Powered by Blogger.