Header Ads

AD BANNER

Proxmox Virtual Environment


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Apa kabar semua?? postingan hari ini akan membahas mengenai Proxmox Virtual Environment. Kita mulai saja pembahasannya, berikut ini.

Proxmox Virtual Environment

pve jema

A. Pemdahuluan

1. Pengertian

Proxmox Virtual Environment adalah lingkungan virtualisasi server open-source. Ini adalah distribusi Linux berbasis Debian dengan kernel LTS Ubuntu yang dimodifikasi dan memungkinkan penyebaran dan pengelolaan mesin virtual dan kontainer. Proxmox VE menyertakan konsol Web dan alat baris perintah, dan menyediakan REST API untuk alat pihak ketiga. Dua jenis virtualisasi didukung: berbasis kontainer dengan LXC (mulai dari versi 4.0 yang menggantikan OpenVZ yang digunakan dalam versi hingga 3.4, termasuk ), dan virtualisasi penuh dengan KVM . Muncul dengan installer telanjang dan termasuk antarmuka manajemen berbasis Web.

2. Latar Belakang

Perkembangan teknologi sekarang ini sangat pesat. Komputer semakin canggih meberikan kemudah kita untuk berbagai macam hal. Dalam sever kita perlu mmbutuhkan banyak hardware jika kita ingin memberikan layanan yang banyak. Tetapi sekarang ini, hanya dengan hardware sedikit kita bisa mmemberikan banyak layanan. Virtualisasi bisa digunakan untuk memberikan banyak layanan meskipun hanya dengan hardware yang terbatas.

3. Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah:
Memahami apa itu Proxmox VE

4. Hasil yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan setelah mengikuti pembahasan ini diharapkan dapat memahami apa itu Proxmox VE.

5. Alat dan Bahan

- laptop

B. Pembahasan

1. Pembahasan

Sejarah
Pengembangan Proxmox VE dimulai saat Dietmar dan Martin Maurer, dua pengembang Linux, menemukan OpenVZ tidak memiliki alat cadangan dan tidak memiliki GUI manajemen. KVM muncul bersamaan di Linux, dan ditambahkan beberapa saat kemudian. Peluncuran publik pertama berlangsung pada bulan April 2008, dan platform tersebut dengan cepat memperoleh daya tarik. Itu adalah salah satu dari sedikit platform yang menyediakan dukungan luar biasa untuk kontainer dan virtualisasi penuh, yang dikelola dengan GUI Web yang serupa dengan penawaran komersial.
Fitur
Proxmox VE adalah open source, memungkinkan migrasi langsung, memiliki ketersediaan tinggi, jaringan yang dijembatani, penyimpanan fleksibel, susunan template OS, backup terjadwal, dan perangkat baris perintah.
  • Model penyimpanan :Proxmox VE mendukung penyimpanan lokal dengan kelompok LVM, direktori dan ZFS , serta jenis penyimpanan jaringan dengan iSCSI , Fibre Channel , NFS , GlusterFS , CEPH dan DRBD .
  • Cluster dengan ketersediaan tinggi :Proxmox VE dapat dikelompokkan di beberapa node server. Sejak versi 2.0, Proxmox VE menawarkan pilihan ketersediaan tinggi untuk cluster berdasarkan tumpukan komunikasi Corosync . Server virtual individual dapat dikonfigurasi untuk ketersediaan tinggi, menggunakan cluster cluster Red Hat . Jika simpul Proxmox tidak tersedia atau gagal, server virtual dapat dipindahkan secara otomatis ke simpul lain dan dimulai ulang. Filesystem Proxmox Cluster berbasis database dan FUSE (pmxcfs) memungkinkan untuk melakukan konfigurasi setiap node cluster melalui tumpukan komunikasi Corosync.
  • Migrasi langsung :Dalam cluster HA, mesin virtual hidup dapat dipindahkan dari satu host fisik ke komputer lain tanpa downtime.
  • Peralatan virtual: Proxmox VE memiliki perangkat lunak peranti lunak server pra-paket yang dapat didownload melalui GUI. Anda bisa mendownload dan menggunakan peralatan dari Perpustakaan Virtual Appliance TurnKey Linux .

2. Jangka Waktu Pelaksanaan

30 menit

3. Temuan Permasalahan

-

C. Penutup

1. Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa

2. Referensi dan Daftar Pustaka

- WIKIPEDIA
- wiki-proxmox
Sekian postingan hari ini. Semoga bermanfaat, Terima Kasih.
Wassalamu'alaikum Wr Wb

No comments

Powered by Blogger.