Header Ads

AD BANNER

Metode Akses MikroTIk Router Board

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi. Bejumpa lagi dengan saya di Postingan yang berbeda. Masih tentang mkrotik routerboard. Pembahasan kali ini akan membahas tentang bagaiman cara memanggil mikrotik atau meremote mikrotik. Lalu bagaimana caranya?? kita mulai saja pembahasan ini.




1. Judul/Nama Kegiatan
“Cara Memanggil MikroTik RouterBoard”

2. Pendahuluan
--> Pengertian
Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot dan warnet.
Mikrotik didesain untuk mudah digunakan dan sangat baik digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga yang kompleks sekalipun.
Belakangan ini banyak usaha warnet yang menggunakan mikrotik sebagai routernya, dan hasilnya mereka merasa puas dengan apa yang diberikan mikrotik. Terlebih kemajuan dunia wireless yang menyajikan berbagai macam pelayanan mulai melirik benda yang satu ini
--> Latar belakang dan batasan permasalahan
MikroTik membutuhkan konfigurasi. Konfigurasi dapat dilakukan dengan cara memanggil MikroTik  tersebut. Metode metode yang digunakan pun juga beragam.
--> Maksud dan Tujuan
Dapat mengetahui cara memanggil Mikrotik utuk dikonfigurasi.
--> Hasil yang Diharapkan
Dapat mngkonfigurasi MikroTik dengan berbagai cara.

3. Alat dan Bahan
-->MikroTik RouterBoard
-->Kabel Twisted Pair
-->Laptop/PC
-->Winbox
-->Putty SSH Client
-->FileZilla FTP Client

4. Proses dan Tahap Pekerjaan

Cara mengakses mikrotik memiliki berbagai cara. Mikrotik dapat di akses dengan cara cara berikut ini.

++ Via Console
Mikrotkm dapat iakses dengan aplikasi Putty SSH Client. berikut adalah cara mengaksesnya. Masukkan HostName atau IP Address Router Mikrotik yang akn diakses. Masukkan Port. Untu jenis koneksi pilih SSH. kemudian OPEN.

putty ssh
 Akan muncul seperti dibawah ini ketikkan user admin, enter, password kosong dan enter. kita selanjutnya dapat mngonfogurasi mikrotik.
Tips Command : "Manfaatkan auto complete" (mirip bash auto complete di linux) Tekan Tombol TAB di keyboard untuk mengetahui/melengkapi daftar perintah selanjutnya. Jadi perintah yang panjang tidak perlu kita ketik lagi, cukup ketik-kan awal perintah itu, lalu tekan TAB-TAB maka otomatis Shell  akan me-nampilkan/melengkapi daftar perintah yang kita maksud.

++Via Telnet
Dengan telnet kita dapat mengakses nya juga bisa melaalui Putty SSH Client dan juga terminal. Disini saya menggunakan Putty SSH Client. Cara caranya adalah pertama kita buka Putty SSH client. HostName diisikan IP router yang dikonfigurasi. keudian untuk port isikan port telnet yaitu 23. Tipe koneksi yang digunakan yaitu telnet. kemudian OPEN. masukkan User dan password sama seperti pada caraa SSH. kemudian enter untuk memulai konfigurasi.
++Via Browser/Webfig
Nah untuk cara ini kita dapat setting mikrotik secara GUI hampir sama dengan winbox. Langkah langkahnya, pertama kita tuliskan IP router pada address bar web browser. enter. Kita sudah bisa mengakses router yang akan kita konfi-gurasi.

++Winbox
Untuk cara ini saya tidak akan menjelaskan karena kebanyakan orang mengon-figurasi dengan menggunakan winbox. Tentu kita sudah terbiasa dengan Winbox.

6. Temuan Permasalahan
Permasalahan yang dihadapi saat mencoba meremote selain menggunakan WINBOX yaitu IP router untuk ether yang terhubung dengan PC/Laptop belum disetting atau kosong. Jadi kesulitan untuk memanggil.

7. Kesimpulan yang Didapatkan
Dapat disimpulkan bahwa kita mengonfigurasi Router tidak hana dengan menegunakan Winbox. Cara cara diatas adalah contoh contoh yang pernah saya gunakan untuk mengonfigurasi Mikrotik Router Board.

8. Referensi dan Daftar Pustaka
-->https://bnet.id/pengertian-mikrotik-dan-fungsinya/
-->http://www.bluespedia.xyz/2016/04/cara-login-remote-mikrtotik-via.html
-->https://mikrotikindo.blogspot.co.id/2013/02/belajar-mikrotik-cara-akses-mikrotik.html

Jika ada yang ingin disampaikan atau menambahkan silahkan tuliskan pada komentar dan kirimkan atau masih kurang jelas mengenai pembahasan dari saya silahkan buka referensi yang tertera. Sekian Postingan hari ini kekurangan dari postingan ini mohon dimaafkan. Terima Kasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

No comments

Powered by Blogger.