Header Ads

AD BANNER

Install Linux Mint 18.3


Assalamualaikum Wr. Wb.
Kali ini saya akan membagikan cara instalasi linux mint
A. Pendahuluan
=> Pengertian 
Apa itu Linux Mint?
salah satu sistem operasi yang berbasis Ubuntu. Jadi masih menjadi keluarga
besar Ubuntu juga. Tidak hanya itu, sistem paket aplikasinya juga masih sama seperti induknya

=> Latar Belakang
Linux mint cocok untuk para pemula karena tampilan dari linux mint hampir sama dengan windows

=> Maksud Dan Tujuan
Dapat install linux mint dengan benar

=> Hasil yang di harapkan
Agar para pembaca bisa mengerti cara cara instalasi OS linux MInt

=> Alat dan Bahan Sebelum melakukan instalasi pada harddisk, kalian harus mempersiapkan lebih dulu apa saja yang dibutuhkan. Beberapa yang harus disiapakan antara lain sebagai berikut :
• File ISO Gnu/Linux
• Media Bootable (UnetBootin, Rufus, UUI, Yumi, dsb)
• Komputer atau Laptop
• Ruang cakran (harddsik) kosong sesuaikan kebutuhan.
• Backup data yang dianggap penting.

B. Jangka Waktu Pelaksaan
1 jam

C. Tahap Dan Pelaksanaan
Sistem Operasi LinuxMint merupakan sistem operasi yang termasuk keluarga Unix. Sistem operasi ini berbasis Debian dan Ubuntu. Jadi semua aplikasi yang terdapat pada Ubuntu dapat diinstall juga LinuxMint. Walaupun berbasis Ubuntu, LinuxMint memiliki tampilan yang berbeda dengan Ubuntu. LinuxMint dikembangkan pada pertama kali pada athun 2006, versi LinuxMint saat itu adalah 1.0 dengan code name “Ada”. Versi saat ini (2018) adalah 18.3 dengan kode name silvia. Bagi pemula linuxmint adalah rujukan sistem operasi linux yang banyak digunakan. Sistem operasi ini sangat mudah digunakan. Tool yang ada di linuxmint juga banyak.
System Requirements
Sistem yang harus dipenuhi untuk dapat menggunakan linuxmint secara poptimal adalah sebagai berikut.

RAM: 512 MB (1 GB disarankan)
Ruang Penyimpanan : 9 GB ( 20 GB disarankan)
Resolusi Layar: 1024×768
Sebelum melakukan instalasi, ada baiknya menyiapakan beberapa hal yang dibutuhkan. Yang harus dipersiapkan antara lain :
File ISO Linux Mint 18.
Media Bootable seperti DVD ataupun USB Flashdrive.
Komputer atau Laptop dengan spesifikasi yang telah ditentukan.
Melakukan Backup terhadap data yang dianggap penting.
 
File ISO dari linuxmint dapat kita download  di situs resmi dari linux mint. Kita dapat men-downloadnya juga dapat memberi donasi untuk developernya. Jika sudah dipersiapkan untuk menginstall linuxmint kita mulai instalasinya. Kita bisa menggunakan fitur live cd jadi kita .dapat mencoba terleiih dahulu linuxmint.
Fitur yang bermanfaat pada sistem operasi GNU/Linux adalah fitur live cd, dengan fitur ini kamu dapat melihat-lihat tampilan sistem operasi yang akan diinstall. Pada Linux Mint 18, kamu akan langsung diarahkan ke dekstopnya untuk mencoba fitur live cd terlebih dahulu, Untuk menginstall pilih icon CD pada desktop dengan title “install linux mint“.
 
PROSES INSTALASI
Tahap pertama saat install linuxmint adalah masuk ke pemilihan bahas instalasi. Bahasa yang ada juga beragam, jika kita masih bingung menggunakan bahasa inggris kita bisa menggunakan bahasa Indonesia.
Setelah kita masuk ke pemilihan bahasa, langkah selanjutnya adalah kita diminta untuk menginstall untuk memilih untuk menginstall perangkat lunak tambahan. Disini kita bisa  cheklist pilihan tersebut jika kita ingin menginstall langsung saat proses instalasi. Kita membutuhkan koneksi internet, jika kita tidak memilki koneksi internet maka sebaiknya kita unchecklist pilihan tersebut.
Perhatikan juga kestabilan koneksi yang digunakan. Dirasa koneksi stabil bisa digunakan. Akan tetapi jika koneksi sering terputus maka akan berakibat fatal akan terjadi error pada sistem operasi kita.
Pada tahap ini kta diiminta memilih tipe instalasi yng akan dilakukan, biasanya terdapat 3 pilihan instalasi, jika kita sudah meengisall OS sebelumnya, dan ingin kita dualboot dengan inuxmint maka akan ada pilihan “install linuxmint alongside windows 7”. Itu adalah contoh jika sebelumnya ada sistem operasi windows 7. Pilihan kedua adalah “erase disk andinstall linuxmint” pilihan ini adalah pilihan paling mudah. Yaitu dengan langsung meenghapus data dari disk dan membuat tabel partisi baru, tabel partsi tesebut berisi 1 swap dan 1 partisi sistem. Saya tidak menyarankan pilian ini, mengapa? Karena untuk menyimpan data hanya terpusat pada satu partisi. Hal ni dapat beresiko kehilangan data lebih besar. Pilihan yang lain adalah “something else”, pilihan ini ssangan bermanfaat jika kita ingin memasang lebih dari satu file sistem. Kita dapat membuat partisi sesuia dengan keinginan kita.

Kita pilih something else, jika sudah akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Kita buat partisi di untuk partisi root, home dan swap. Mengapa kita perlu menggunakan home dan swap? Karena partisi home akan dijadikan sebagai penyimpanan data, dan  swap unutk membantu kinerja dari ram. Ukuran dari partisi sesuai keinginan masing masing, disarankan untuk partisi swap berukuran 2x dari ram.

Untuk mengedit partisi harddisk, kita perlu ruang kosong. Nah, posisi ini Anda juga harus tahu partisi mana yang tidak terpakai. Klik icon eraser disk (icon negatif), dan lakukan penambahan partisi dengan mengklik add partisi (icon plus). Muncullah seperti jendela ini.
Keterangan:
• Size : adala ukuran yang akan dipakai dalam pemartisian.
• Type : Primarry atau logical, biasanya kita pilih logical saja. Atau sesuai pada kondisi partisi
harddisk Anda.
• Location : lokasi di mana partisi baru akan ditempatkan pada daftar tabel partisi di awal /
akhir.


• Jenis partisi: Kita pilih jenis partisi ext4 . Bisa juga ext2, ext3. Biasanya ext4 kita pilihnya.
• Titik point : ini penamaan partisi yang akan digunakan pada instalasi dan data partisi. Untuk
partisi instalasi pilih titik point / (baca: root). Sedangkan untuk dokumen lain bisa dibuat
partisi lagi dengan titik point /home.
Pemisahan partisi /home sendiri akan memudahkan pada saat instal ulang sistem. Jadi, data – data
konfigurasi tidak terhapus pada saat instal ulang dan yang diinstal dan diformat cukup pada partisi root saja. 
Setelah yakin partisi yang kita buat sudah benar. Lanjut ke tahap berikutnya. Yaitu pemilihan lokasi kita sekarang ini. Karena saya berada di Indonesia bagian barat, saya memilih Jakarta sebagai loksi saya. Soalnya Wonogiri nggk ada.

Lanjut ke tahap selanjutnya, yait pemilihan keyboard. Yang saya gunakan sekarang ini keyboard English(US). Sesuiakan dengan yang anda gunakan.
 Selesai ppemilihan tipe keyboard, kita kemudian akan melakukan pembuatan User untuk linuxmint yang akan kita gunakan. 
Setelah itu lanjutkan proses instalasinya. 
Jika sudah selesai maka kita bis melanjutkan mencoba atau mereboot perangkat kita. Setelah instalasi selesai muncul tampilan seperti dibawah ini.

C. Hasil Yang di dapat
OS linux adalah salah satu OS yang di katakan "Tahan Virus" jadi jika kita menggunakan ini mungkin kita bisa terhindar dari virus 

D. Temuan Permasalahan 
-Instalasi Gagal
-Stuck di tengah jalan
-Tiba tiba batrai laptop habis

E. Kesimpulan
sebelum anda menginstall OS sebaiknya anda install sambil cas laptop anda

F. Refensi
E-BOOK INSTAL-LINUXMINT17.pdf
migrasilinux.or.id
Wahyu Setiyono

No comments

Powered by Blogger.