Header Ads

AD BANNER

BLOG untuk Pembelajaran


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Apa kabar semua?? postingan hari ini akan membahas mengenai blog. Kita mulai saja pembahasannya, berikut ini.

Blog untuk Pendidikan



A. Pendahuluan

1. Pengertian

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.<wiki>

2. Latar Belakang

Dengan adanya internet dapat memberikan kemudahan kemudahan untuk kegiatan sehari hari. Dalam pendidikan internet dapat memudahakn guru untuk membagi materi pembelajarannya. Dapat degnan mudah memberikan tugas hany dengan link. Blogger adalah salah satu cara untuk memberikan kemudahan dalam pembelajaran.

3. Maksud dan Tujuan

Mengenalkan blog untuk pembelajaran.
Fitur blog yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran.

4. Hasil yang Diharapkan

Diharapkan guru dapat menerapkan e-learning dengan menggunakan blog.

5. Alat dan Bahan

- Smartphone, PC/Laptop.
- Koneksi Internet.

B. Pembahasan

1. Pembahasan

Blog bermafaat untuk pendidikan?? Ya betul, bagi yang sudah paham maksud saya tentu tahu manfaatnya. Sebagai guru tentu memiliki tugas yang banyak. Apalagi jika mengajar di dua atau lebih sekolah. Dengan adanya internet yang sekarang ini berkembang pesat dapat memudahkan pada guru untuk memberikan pembelajaran kepada siswa siswinya tanpa terkendala ke sekolah yang lain.
Blog bisa dimanfaatkan untuk memberikan materi kepada siswa siswinya. Seperti yang sampaikan kepada salah satu guru di SMPN 4 AMPEL, Blog bisa dimanfaatkan jika guru tidak dapat masuk kelas. Guru dapat memberikan tugas kepada siswa/siswinya. Guru juga dapat mnampilkan nilai di blognya sehingga dapat dibuka dan diakses oleh murid muridnya.
Fitur Fitur dari Blog juga lengkap, pada pembahasan ini saya membahas mengenai blogger.
  • Logo atau icon blogger ber fungsi untuk membawa kita ke halama home pada akun blogger kita, di halaman home ini kita akan melihat daftar blog yang kita miliki dan post dari blog orang lain yang kita ikuti.
  • Icon pensil merupakan icon untuk membuatt entri baru
  • Icon lihat entri merupakan fitur pada blogger yang ber fungsi untuk melihat daftar entri yang sudah kita buat dan kita terbitkan.
  • Icon lihat blog merupakan fitur pada blogger yang ber fungsi untuk melihat blog yang suda kita terbitkan.
  • Tulisan Blog saya adalah fitur pada blogger yang ber fungsi untuk membawa kita pada halaman home jika kita klik hal ini sama fungsi nya dengan fitur icon blogger.
  • Entri baru merupakan fitur pada blogger yang berfungsi untuk membuat entri/ postingan di blog kita.
  • Icon ikhtisar adalah fitur pada blogger yang ber fungsi untuk melihat halaman depan pada dasbor, halaman ini berisi grafik penayanagn entri yang sudah terbit, iklan dari google, dan penawaran-penawaran lain yang ingin di berikan oleh google agar blog kita semakin baik.
  • Icon pos adalah fitur pada blogger yang ber fungsi untuk melihat daftar pos yang sudah kita buat dan kita terbitkan. Fitur pos ini memiliki sub fitur yaitu
  • Icon laman adalah fitur pada blogger yang ber fungsi untuk melihat daftar laman yang sudah kita buat.
  • Icon komentar adalah fitur pada blogger yang ber fungsi untuk daftar komentar yang diberikan oleh pengunjung blog kita, serta komentar balasan dari kita.
  • Icon google+ adalah fitur pada blogger yang ber fungsi untuk share atau membagikan pos yang sudah kita buat ke akun google+ kita sehingga bisa di baca oleh teman kita di google+.
  • Statistik adalah fitur pada blogger yang ber fungsi untuk melihat statistik post blog kita, dimana fitur ini terdiri dari daftar ikhtisar, pos, sumber lalu lintas, dan pemirsa.
  • Kampanye adalah fitur pada blogger yang ber fungsi untuk mengkampanyekan blog kita dengan cara beriklan sehingga blog kita menjadi lebih populer, sayangnya fitur ini harus di bayar jika ada pengguna internet yang klik iklan kita yang telah di buat oleh google.
  • Tata letak adalah fitur pada blogger yang ber fungsi untuk tambah, hapus, edit gadget, ubah kolom di blogger kita. untuk edit kita tinggal klik gadget dan tahan lalu kita geser ke tempat yang kita suka. Sedangkan untuk mengubah kolom dan lebar kita bisa menggunakan desain template.
  • Template adalah fitur pada blogger yang ber fungsi untuk mengubah latar, tata letak, warna font, dan lain-lain pada blog kita.
  • Setelan adalah fitur pada blogger yang ber fungsi untuk menyetel judul blog, deskripsi blog, privasi blog, penerbitan blog, alamat blog, izin blog, dan sebagainya.
Nah Lengkap juga kan fitur fitur dari blogger? Untuk mencoba lebih lengkapnya bisa dicoba sendiri.

2. Jangka Waktu Pelaksanaan

2 jam

3. Temuan Permasalahan

- Permasalahan yang dihadapi adalah belum paham mengenai dasar dasar internet. Masalah ini diatasi dengan memberikan penjelasan secara mendasar supaya dalam pemahamannya lebih mudah.

C. Penutup

1. Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa blog sangat bermanfaat untuk kegiatan E-Learning.

2. Referensi dan Daftar Pustaka

- WIKI
Sekian postingan hari ini. Semoga bermanfaat, Terima Kasih.
Wassalamu'alaikum Wr Wb

No comments

Powered by Blogger.