Header Ads

AD BANNER

IP Publik dan IP Privat

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


Apa kabar para pembaca?? Nah pada kesempatan ini saya akan memposting tentang IP publik dan IP privat. Lalu apa itu IP? Berikut penjelasan untuk lebih lanjut.

1. Judul/Nama Kegiatan
“IP PUBLIK DAN IP PRIVAT"

2. Pendahuluan
--> Pengertian
Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32 bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128 bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.( Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32 bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128 bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.(wikipedia) 

-- Latar belakang dan batasan permasalahan
Pengalamatan pada jaringan sangatlah perlu. Penggunaan IP publik semakin berkurang karena banyaknya pengguna internet sekarang ini. Maka dari itu kita akan membahas mengenai IP publik dan IP privat.

-- Maksud dan Tujuan
Untuk mengetahui apa itu IP publik dan IP Privat.

-- Hasil yang Diharapkan
Diharapkan dapat mengetahui IP Publik dan IP Privat dan bagaimana fingsi dari IP publik dan IP Privat

 3. Alat dan Bahan
--

4. Proses dan Tahap Pekerjaan
-- Pembahasan
 ++ Pengertian
IP publik adalah alamat-alamat yang telah ditetapkan oleh InterNIC dan berisi beberapa buah network identifier yang telah dijamin unik (artinya, tidak ada dua host yang menggunakan alamat yang sama) jika intranet tersebut telah terhubung ke Internet.
Ketika beberapa alamat publik telah ditetapkan, maka beberapa rute dapat diprogram ke dalam sebuah router sehingga lalu lintas data yang menuju alamat publik tersebut dapat mencapai lokasinya. Di Internet, lalu lintas ke sebuah alamat publik tujuan dapat dicapai, selama masih terkoneksi dengan Internet.(wikipedia)

IP Privat Setiap node IP membutuhkan sebuah alamat IP yang secara global unik terhadap Internetwork IP. Pada kasus Internet, setiap node di dalam sebuah jaringan yang terhubung ke Internet akan membutuhkan sebuah alamat yang unik secara global terhadap Internet. Karena perkembangan Internet yang sangat amat pesat, organisasi-organisasi yang menghubungkan intranet miliknya ke Internet membutuhkan sebuah alamat publik untuk setiap node di dalam intranet miliknya tersebut. Tentu saja, hal ini akan membutuhkan sebuah alamat publik yang unik secara global.
Ketika menganalisis kebutuhan pengalamatan yang dibutuhkan oleh sebuah organisasi, para desainer Internet memiliki pemikiran yaitu bagi kebanyakan organisasi, kebanyakan host di dalam intranet organisasi tersebut tidak harus terhubung secara langsung ke Internet. Host-host yang membutuhkan sekumpulan layanan Internet, seperti halnya akses terhadap web atau e-mail, biasanya mengakses layanan Internet tersebut melalui gateway yang berjalan di atas lapisan aplikasi seperti proxy server atau e-mail server. Hasilnya, kebanyakan organisasi hanya membutuhkan alamat publik dalam jumlah sedikit saja yang nantinya digunakan oleh node-node tersebut (hanya untuk proxy, router, firewall, atau translator alamat jaringan) yang terhubung secara langsung ke Internet.
Untuk host-host di dalam sebuah organisasi yang tidak membutuhkan akses langsung ke Internet, alamat-alamat IP yang bukan duplikat dari alamat publik yang telah ditetapkan mutlak dibutuhkan. Untuk mengatasi masalah pengalamatan ini, para desainer Internet mereservasikan sebagian ruangan alamat IP dan menyebut bagian tersebut sebagai ruangan alamat pribadi. Sebuah alamat IP yang berada di dalam ruangan alamat pribadi tidak akan digunakan sebagai sebuah alamat publik. Alamat IP yang berada di dalam ruangan alamat pribadi dikenal juga dengan alamat pribadi atau Private Address. Karena di antara ruangan alamat publik dan ruangan alamat pribadi tidak saling melakukan overlapping, maka alamat pribadi tidak akan menduplikasi alamat publik, dan tidak pula sebaliknya. Sebuah jaringan yang menggunakan alamat IP privat disebut juga dengan jaringan privat atau private network.


5. Hasil Yang Didapatkan
Dapat mengethui apa itu IP Publik dan IP privat.
6. Temuan Permasalahan
-- Permasalahan yang ditemukan yaitu belum paham secara detail mengenai IP publik dan IP privat.

7. Kesimpulan yang Didapatkan
Kesimpulan yang didapatkan yaitu IP publik dapat diakses jika kita terhubung dengan internet. Akan tetapi IP privat dapat didapatkan melalui jaringan lokal tanpa melalui terkoneksi internet. IP Privat dapat mmperlambat habisnya IP publik.

8. Referensi dan Daftar Pustaka
== https://id.m.wikipedia.org/wiki/Alamat_IP
== https://id.wikipedia.org/wiki/Alamat_IP_versi_4#Alamat_publik


Sekian postingan kali ini. Jika anda ingin menambahkan dan ingin bertanya bisa anda tuliskan pada kolom komentar. Atas segala kekurangan atas postingan saya kali ini saya mohon maaf. Dan saya mohon kritik dan sarannya yang bersifat membangun untuk neningkatkan blog ini.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

No comments

Powered by Blogger.