Header Ads

AD BANNER

PERANGKAT LUNAK JARINGAN

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Apa kabar semua?? postingan hari ini akan membahas mengenai perangkat lunak jaringan. Sebelumnya saya telah membahas perangkat keras jaringan yang berupa router, switch, dan bridge. Kita mulai saja pembahasannya, berikut ini.

PERANGKAT LUNAK JARINGAN

perangkat lunak jaringan

A. Pemdahuluan

1. Pengertian

Perangakat lunak jaringan yaitu program yang sistematis berperan sebagai penghubung antara pengguna dengan Perangkat keras jaringan komputer. Perangkat keras baru dapat difungsikan jika didukung oleh sistem operasi jaringan dan perangkat lunak jaringan lainnya.

2. Latar Belakang

Jaringan terdapat perangkat lunak dan perangkat kerasnya. Jika salah satu dihilangkan maka tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Setelah sebelumnya saya membahas mengenai perangakat kerasnya saya akan membahas mengenai perangkat lunaknya.

3. Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk:
  • Memahami tentang perangkat lunak jaringan.
  • Memahami jenis jenis perangkat lunak jaringan..

4. Hasil yang Diharapkan

Dihaarapakan setelah mengikuti kegiatan ini dapat memahami perangkat lunak jaringan dan dapat memahami jenis jenis perankat lunak jaringan.

5. Alat dan Bahan

-

B. Pembahasan

1. Pembahasan

Perangakat Lunak Jaringan
Perangkat lunakn jaringan yaitu program yang sistematis berperan sebagai penghubung antara pengguna dengan Perangkat keras jaringan komputer. Perangkat keras baru dapat difungsikan jika didukung oleh sistem operasi jaringan dan perangkat lunak jaringan lainnya. Diibaratkan perangkat keras adalah jasad dan perangkat lunak adalah ruh. dan keduanya harus saling bersinergi. Jika salah satunya tidak ada maka perangkat-perangkat jaringan komputer ini hanyalah sebuah nama yang tidak bisa difungsikan.
Untuk membangun sebuah jaringan dibutuhkan minimal 3 perangkat lunak jaringan supaya jaringa yang dibangun optimal dan aman. Ketiga software itu adalah:
  • Perangkat lunak Utama (Sistem operasi jaringan komputer)
  • Sistem Administrasi Jaringan
  • Sistem keamanan Jaringan
Nah perangakat lunak tersebut memiliki kemampuan masing masing sesuai kebutuhan masing masing. Maka dari itu, kita bahas ketiga software tersebut.
Perangkat Lunak Jaringan
  1. Sistem Operasi Jaringan
    Sistem Operasi Jaringan (Network Operating System) adalah perangkat lunak atau software jaringan komputer yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengawasan perangkat keras jaringan. Pengawasan (controlling) dan pengelolaan (management) merupakan fungsi-fungsi dasar perangkat lunak jaringan seperti pengelolaan lalu lintas (traffic) data dan informasi, mengontrol file dan direktori jaringan, dan lain-lain. Perangkat Lunak Sistem operasi jaringan komputer juga memiliki tugas menjalankan (running) perangkat lunak administrasi jaringan komputer. Selain dari itu, sistem operasi jaringan berperan sebagai penanggung jawab sistem keamanan jaringan dengan melakukan pemantauan otoritas pemakai layanan jaringan. Oleh karena itu, sistem operasi jaringan merupakan perangkat lunak yang sangat vital bagi jaringan komputer.
    Ada Beragam sistem operasi jaringan, contohya sebagai berikut
    - Linux
    - Netware
    - Windows
  2. Sistem Administrasi Jaringan
    kegiatan pengelolaan dan pemeliharaan jaringan komputer adalah fungsi administrator jaringan. Pengelolaan jaringan adalah kegiatan yang terkait dengan pengoperasian jaringan sehari-hari untuk menjaga agar tetap berfungsi secara maksimal. Sedangkan pemeliharaan jaringan adalahan kegiatan yang dimaksudkan untuk menjamin ketersediaan infrastruktur jaringan untuk mendukung kelancaran operasional organisasi ataupun perusahaan.
    Fungsi utama yang diperlukan dalam pengelolaan dan pemeliharaan jaringan
  1. Pemantauan Unjuk Kerja Jaringan
  2. Penyeimbang Beban Jaringan
  3. Sistem Keamanan jaringan
    Unjuk kerja (performance) jaringan tergantung pada banyak faktor, antara lain beban dan utilisasi CPU, beban dan utilisasi Memori, beban dan utilisasi harddisk, lalu lintas (traffic) dalam jaringan, serta kualitas dan kecepatan media transmisi jaringan. Oleh arena itu, kemampuan perangkat lunak adminsitrasi jaringan dalam memantau faktor-faktor tersebut sangatlah dibutuhkan. Fasilitas yang sebaiknya tersedia antara lain:
  • Pemantau fault atau permasalahan perangkat keras jaringan
  • Pemantau beban dan utilisasi CPU dan Memori
  • Pemantau pemakaian bandwidth
  • Pemantau traffic (lalu lintas)jaringan
    Penyeimbang Beban Jaringan, Dalam jaringan yang besar, beban jaringan idealnya dapat dibagi secara merata sehingga pada semua simpul jaringan terjadi keseimbangan unjuk kerja. Berbagai teknik telah dikembangkan untuk mendistribusikan beban dari suatu jaringan sehingga keseimbangan dapat dijaga. Sudah tentu dalam pengelolaan suatu jaringan .kemampuan perangkat lunak jaringan komputer dalam menyeimbangkan beban sangat diperlukan.
  1. Sistem Keamanan Jaringan
    Selain pengelolaan dan pemeliharaan jaringan di atas, tantangan yang tak kalah besar lainnya adalah sistem keamanan jaringan komputer. Marakanya hacking, kejahatan didunia maya lainnya dan penyusupan jaringan oleh orang-orang yang tidak berhak (unauthorized). Penyusupan ke dalam suatu jaringan biasanya dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai cara otentifikasi oleh jaringan tersebut, khususnya tanda pengenal pemakai (user identification) dan kata sandi (password). Begitu suatu jaringan komputer terkena sasaran penyusup maka sistem-sistem jauh (remote) yang terhubung ke dalam jaringan tersebut juga akan terpapar pada bahaya para penyusup. Informasi tentang account pemakai dan kata sandi yang disalurkan atau dipakai selama terhubung ke jaringan yang telah disusupi tentu berada dalam risiko dicuri juga.
    Oleh sebab itu, kemampuan perangkat lunak adminsitrasi jaringan dalam melindungi jaringan dari ancaman penyusupan sangatlah penting. Fasilitas yang sebaiknya tersedia antara lain:
  1. User Otentikasi (otentikasi pemakai jaringan)
  2. Limited Acces Pembatasan akses oleh pemakai jaringan
  3. Pendeteksian penyusup jaringan
  4. Scanning port-port yang sensitive. kesimpulannya syarat minimal sebuah jaringan komputer harus menggunakan perangkat lunak jaringan komputer : sistem operasi jaringan, sistem administrasi jaringan dan sistem keamanan jaringan komputer

2. Jangka Waktu Pelaksanaan

30 menit

3. Temuan Permasalahan

-

C. Penutup

1. Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa perangkat lunak jaringan sangatlah penting. Karena untuk mengendalikan, mengoptimalkan suatu jaringan diperlukan perangkat lunak jaringan.

2. Referensi dan Daftar Pustaka

- jaringankomputer.org
Sekian postingan hari ini. Semoga bermanfaat, Terima Kasih.
Wassalamu'alaikum Wr Wb

No comments

Powered by Blogger.