Header Ads

AD BANNER

IT VOLUTEER: Menggunakan Komputer Dengan Baik dan Benar


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Apa kabar semua?? postingan hari ini akan membahas mengenai bagaimana menggunakan komputer dengan baik dan benar. Kita mulai saja pembahasannya, berikut ini.

Menggunakan Komputer Dengan Baik dan Benar

komputer jema

A. Pemdahuluan

1. Pengertian

Komputer sangat bernmanfaat untuk kegaiatan sehari hari. Kita bisa membuat berbagai hal.

2. Latar Belakang

Banyak yang tahu apa itu komputer. Tetapi belum bisa menggunakan komputer. Dari pengalaman yang saya dapatkan di Desa Ngadirojo, Ampel, Boyolali banyak yang belum bisa menggunakan komputer sebagaimana mestinya. Pengalaman ersbut juga pernah saya alami ketika pertama kali mengunakan komputer.

3. Maksud dan Tujuan

Maksud dan tuuan kegiatan pembahasan ini adalah untuk
Untuk mengenalakan bagaimana menggunakan komputer dengan baik dan benar.

4. Hasil yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan setelah kegiatan pembahasan ini adalah dapat mengerti bagaimana menggunakan komputer. dengan baik dan benar.

5. Alat dan Bahan

- komputer

B. Pembahasan

1. Pembahasan

Komputer adalah perangkat elektronika yang digunakan untuk memasukkan data, memposes data, menyimpan data, dan mengeluaran data dalam betuk informasi. Komputer dapat memabantu pekerjaan manusia. Sering kita lupa bagaimana menggunakna komputer dengan baik dan benar. Bisa jadi karena terbiasa menggunakan tetapi tidak tahu dasarnya, bisa juga karena baru mencoba jadi belum paham bagaimana menggunakan komputer.
Berdasarkan pengalaman yang saya temui di SMPN 4 Ampel Satap, Boyolali banyak yang belum bisa menggunakan komputer dengan baik dan benar. Maka dari itu ketika ada pertemuan di sekolah saya membahas mengenai cara menggunakan komputer dengan baik dan benar.
Lalu bagaimana caranya?
OK kita bahas satu persatu mulai dari kita menyalakan komputer.
  • Sebelum kita menggunakan komputer sebaiknya kita periksa dahulu kondisi komputernya. Periksa pemasangan kabel sudah baik atau belum. Pemasangan komputer juga harus rapi dan terpasang sebagaimana mestinya.
  • Setelah pemeriksaan sudah selesai dan komputer siap dinyalakan kita siap ke tahap berikutnya. Nyalakan komputer dengan menekan tombol power. Tetapi jangan lupa kabel power dicolokkan dulu ke sumber listrik. Kalau sampai lupa ya tentu komputer tidak nyala. Untuk beberapa komputer ada yang ditekan tombol powernya beberapa detik.
  • Tunggu proses booting hingga selesai. Jika saat kita masuk ke komputer kita jikadiprlukan password, ketikkan passwordnya kemudian enter.
  • Nah sampai proses ini kita sudah menyalakan komputer dengan baik dan benar.
Untuk mematikan komputer juga terdapat caranya sendiri. Jadi kita tidak langsung menekan tombol power langsung. Mengapa kita harus mengikuti langkah langkahnya?
Pasti ada pertanyaan seperti itu. Kenapa demikian, karena komputer dapat bekerja secara optimal jika perngakatnya normal, perangkat komputer akan cepat rusak apabila kita langsung mematikan komputer. Mematikan komputer tanpa melalui tahapan yang benar akan mengurangi umur dari perangkatnya. Langkah langkah yang harus di untuk mematikan komputer yang baik dan benar yaitu dengan:
  • Tutup semua aplikasi yang berjalan. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi error pada aplikasinya.
  • Klik “start” menu pada windows atau “menu” pada linux.
  • Klik shutdown.
  • Tunggu hingga komputer benar benar mati. Kemudian cabut kabel power dari stop kontak setelah komputer benar benar mati. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi konsleting listrik.
Ok sudah paham kan bagaimana menggunakan komputer dengan baik dan benar? Sebenarnya tidak hanya itu, akan tetapi pad pembahasan ini saya membahas untuk menyalakan dam mematikan komputer dengan baik dan benar.

2. Jangka Waktu Pelaksanaan

45 menit

3. Temuan Permasalahan

- Saat kegiatan ini berlangsung banyak anak anak yang belum memahami setelah dijelaskan. Solusi dari permasalah ini adalah mempraktikkan langsung. Laptop saya digunakan untuk praktik hingga anak anak paham dan mengerti menggunakan komputer.

C. Penutup

1. Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa kita menggunakan komputer arus menjalankan langkah langkah yang baik dan benar supaya meminimalisir kerusakan.

2. Referensi dan Daftar Pustaka

Buku TIK kelas 7 SMP
Sekian postingan hari ini. Semoga bermanfaat, Terima Kasih.
Wassalamu'alaikum Wr Wb

No comments

Powered by Blogger.