Header Ads

AD BANNER

Evaluasi Mikrotik

kami melakukan evaluasi dari Belajar Bersama Mikrotik . Kegiatan yang dilaksanakan di BLC Telkom Klaten ini dilakukan untuk melihat hasil kerja dan pencapaian siswa BLC Telkom setelah genap satu minggu belajar bersama Mikrotik.Kegiatan ini sendiri sesuai planning untuk mempelajari topologi jaringan yang digunakan pada BLC Telkom Klaten.

Dalam praktik kali ini, Router yang digunakan pada topologi ini menggunakan MikroTik. Koneksi Internet didapatkan dari  kabel LAN yang terhubung ke ether1. IP pada ether1 didapatkan secara otomatis dengan DHCP Client. Lalu,pada ether2 yang terhubung dengan switch diatur untuk memberi IP DHCP pada Komputer yang terhubung melalui switch. Untuk praktik kali ini ether3 belum diatur karena Server belum diatur. Untuk ether4 dihubungkan dengan Access Point dan diatur untuk memberi IP DHCP. Selain itu,pada wlan1 diatur dengan mode AP Bridge untuk memancarkan koneksi ke Router lain.

Tidak hanya menyampaikan hasil kerjanya,siswa juga menyampaikan kesulitan yang dihadapi selama melakukan praktik Mikrotik seminggu ini. Kesulitan yang dihadapi juga berbeda-beda,ada yang terdapat pada pengaturan firewall,ada yang lupa password,ada yang salah dalam konfigurasi,dan lain-lain. Mereka juga menyampaikan solusi atas permasalahan yang mereka temukan,namun tidak jarang yang belum berhasil menyelesaikan permasalahannya,namun dengan saran dan bantuan dari teman-teman masalah tersebut dapat terselesaikan.


No comments

Powered by Blogger.