Header Ads

AD BANNER

Install Java Runtime Di Ubuntu/Linuxmint

A. PengertiaN

Java adalah salah satu plug in penting pada browser. Java berfungsi untuk menjalankan javascript yang ada pada halaman web yang dibuka oleh browser. Bagi yang belum mengetahui apakah itu javascript, singkatnya javascript adalah sebuah source code program yang dieksekusi pada komputer client (komputer yang kita pakai untuk browsing) bukan pada komputer server seperti source code PHP. Jadi javascript memerlukan sebuah lingkungan software  java (java runtime environment/JRE) untuk dapat berjalan.

B. Maksud dan Tujuan 


C.  Latar Belakang

 Ada banyak aplikasi dan website yang tidak akan bisa ditampilkan atau bekerja terkecuali kita memiliki Java dan terinstal di komputer, dan tentu lebih banyak lagi lainnya yang dibangun dan dibuat setiap harinya. Java dikenal cepat, aman dan reliable. Dari laptop ke data-center konsol game sampai hingga superkomputer, ponsel dan/ke internet, Java ada dimana saja. 

D. Prosedur

Sebelum mulai melakukan instalsi, perlu di ketahui ada dua paket berbeda, yaitu :
Paket JDK (Java Development Kit); paket ini dapat Anda install jika Anda seorang programmer Java karena selain Java Runtime Anda juga akan mendapatkan compiler Java dapat berjalan di komputer Anda. Dengan ini maka Anda dapat menulis program Java dan mengcompilenya menjadi bytecode dan dapat dijalankan sebagai aplikasi menggunakan Java Runtime. Langsung saja cara installnya adalah dengan mengetikan perintah;

sudo apt-get install default-jdk

Paket JRE (Java Runtime Environment); dengan paket ini berarti Anda hanya menginstall Java Runtime saja tanpa compiler. Jika Anda bukan Java Developer ataupun Programmer Anda dapat menginstall paket ini karena JRE saja cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi berbasis Java. Berikut ini cara installnya: 
sudo apt-get install default-jre 
Langsung saja sekarang kita lakukan instalasinya :
Pertama, kita tambahkan repository untuk menginsttall java 8 dengan mengetikkan perintah  
sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/java  
Kemudian tahapan instalasinya sudah samai seperti berikut, kita ketikkan "ENTER" untuk melanjutkan instalasinya
Ketikkan perintah sudo  
apt install oracle-java8-installer untuk menginstall javanya.
Kemudian jika muncul tampilan seperti dibawah, langsung saja kita klik "OK"java4 
Tunggu konfigurasi hingga selesai. Java Runtime bisa langsung dicek dengan perintah 
java -version 
setelah muncul versi java maka instalasi sudah benar dan sudah selesai. 
E. Kesimpulan 
Setelah menginstall aplikasi oracle java ini, kita akan dapat membuka file-file di browser yang diprogram menggunakan sistem javascript.
F. Referensi 
https://en.wikipedia.org/wiki/Java_(programming_language)

No comments

Powered by Blogger.