Header Ads

AD BANNER

Konfigurasi VPN PPTP di Mikrotik

A. Pendahuluan
  1. Pengertian, pada kesempatan kali ini saya akan melakukan konfigurasi PPTP di mikrotik.
  2. Latar Belakang
Pada Mikrotik yang saya gunakan sebelumnya saya sudah mensetting mikrotikyang saya gunakan sebagai access point. kemudian suatu ketika wifinya mati yang disebabkan oleh hal yang tidak diketahui, mungkin disebabkan padatnya channel wifi yang ada di lingkungan saya. maka dari itu, karena mikrotik saya berada di ruangan lain, dan kebetulan posisinya agak tinggi, jadinya saya mencoba me remote mikrotik saya melalui jalur mikrotik lain yang kebetulan dekat dengan saya. cara ini bisa dilakukan melalui LAN maupun Wi-Fi, kebetulan saya kali ini menggunakan LAN karena jika menggunakan wifi akan banyak kendala seperti tabrakan channel, kadang disconnect karena sinyal tidak stabil, dsb. pada intinya sama saja baik melalui LAN maupun Wi-Fi, pada intinya, kita harus bisa terhubung ke sebuah mikrotik yang terhubung ke sumber yang sama. lebih bagus lagi jika mikrotiknya saling terhubung menggunakan jaringan LAN, maka prosesnya akan lebih mudah.
agar lebih mudah, pahami topologi yang saya  gunakan



   3. Maksud dan Tujuan
 Memahami konfigurasi PPTP di mikrotik

 4. Hasil yang Diharapkan
Dapat melakukan konfigurasi PPTP VPN

B. Alat Dan Bahan
-Router 2 buah (opsional, intinya 2  router ini saling terhubung)
-PC/Laptop dengan software winbox
-beberapa kabel LAN

C. Jangka Waktu Pengerjaan
sekitar 15 menit

D. Tahap Pelaksanaan
Pertama, pastikan kamu sudah mengonfigurasi mikrotik dahulu, sehingga mikrotikmu dapat saling terhubung satu sama lain. sebelumnya pastikan kamu sudah mensetting VPN di router kamu supaya sewaktu-waktu jika terjadi masalah seperti diatas dapat membantu.

Langsung saja menuju konfigurasinya :
Pertama setting IP> Pool > (+) masukan IP yang akan kamu sediakan untuk client
Lalu masuk ke PPP > Interface, klik PPTP Server, check pada Enabled, lalu Apply OK 

Lalu masuk Ke PPP > Profiles > General > isikan nama, local address (yaitu berupa IP gateway mikrotik kamu, lalu remot address isikan IP Pool yang kamu buat tadi
Lalu kamu masuk ke PPP> Secrets > isikan nama dan password, yang nantinya akan kita hubungkan ke VPN Client (di laptop), lalu di profile, isikan profile yang kamu masukan di tab sebelumnya.
Sebelum kamu memeriksa sudah benar atau belum, kamu harus memeriksa apakah kamu sudah mengkonfigurasi routing Dinamik? jika belum, pergi ke menu routes> OSPF > (+) > tambahkan interface di ether 1 (dimana kamu terhubung ke mikrotik lain) lalu apply OK
jika sudah tambahkan VPN PPTP di laptop kamu
Disini saya menggunakan Ubuntu XFCE jadi mungkin cara menambah VPN Client akan sedikit berbeda dengan OS lain, jadi kamu bisa browsing di internet :D

 Isikan Gateway dimana IP Router Kamu, lalu masukan Username dan password yang tadi kamu buat di tab "secrets" lalu klik save.
Sebelum kamu menghubungkan VPN kamu harus menghubungkan jaringan dulu ke router yang akan kamu gunakan untukk meremot mikrotikmu.

Jika sudah terhubung, maka selamat sekarang kamu bisa meremot mikrotik dari router lain.
E. Masalah yang dihadapi
Berkali-kali saya gagal dalam melakukan konfigurasi ini, masalah saya terdapat dalam IP Pool, dimana IP gateway tempat mikrotik saya terhubung ke laptop tidak saya sertakan di IP Pool

F. Kesimpulan
Banyak cara untuk mengontrol MikroTik, jadi hati-hati dan amankan mikrotikmu

G. Referensi
Mikrotik.co.id

No comments

Powered by Blogger.