Header Ads

AD BANNER

Mengenal Aplikasi WINE

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Apa kabar semua?? postingan hari ini akan membahas mengenai WINE. Kita mulai saja pembahasannya, berikut ini.

WINE


A. Pendahuluan

1. Pengertian

Wine ( rekursif backronym untuk Wine Is Not an Emulator ) adalah lapisan kompatibilitas sumber terbuka dan gratis yang bertujuan untuk memungkinkan program komputer ( perangkat lunak aplikasi dan permainan komputer ) yang dikembangkan untuk Microsoft Windows dijalankan pada sistem operasi mirip Unix . Wine juga menyediakan pustaka perangkat lunak , yang dikenal sebagai Winelib, di mana pengembang dapat mengkompilasi aplikasi Windows untuk membantu port mereka ke sistem mirip Unix.

2. Latar Belakang

Untuk user Linux tentu akrab dengan aplikasi Wine, akan tetapi bagi pengguna linux yang masih pemula seperti saya keungkinan belum tahu mengenai Wine.

3. Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan dari pembahasan ini adalah untuk mengenalkan apa itu wine, dan bagaimana menginstall wine pada linux.

4. Hasil yang Diharapkan

Diharapkan dapat mengetahui apa itu wine, dan dapat menginstall wine.

5. Alat dan Bahan

Laptop, Koneksi Internet.

B. Pembahasan

1. Pembahasan

Wine mengemulasi lingkungan runtime Windows dengan menerjemahkan panggilan sistem Windows ke panggilan sistem POSIX -compliant, menciptakan struktur direktori sistem Windows, dan menyediakan implementasi alternatif dari pustaka sistem Windows, layanan sistem melalui wineserver dan berbagai komponen lain (seperti Internet Explorer , Windows Registry Editor , dan msiexec ). Wine secara dominan ditulis menggunakan pengujian reverse-engineering black-box , untuk menghindari masalah hak cipta .
Nama Wine awalnya adalah singkatan untuk Windows Emulator . Wine kemudian bergeser ke backronym rekursif Wine Is Not an Emulator untuk membedakan perangkat lunak dari emulator CPU . Tidak ada kode emulasi atau virtualisasi yang terjadi saat menjalankan aplikasi Windows di bawah Wine. "Emulasi" biasanya mengacu pada eksekusi kode yang dikompilasi yang ditujukan untuk satu prosesor (seperti x86 ) dengan menafsirkan / mengkompilasi ulang perangkat lunak yang berjalan pada prosesor yang berbeda (seperti PowerPC ). Sementara nama terkadang muncul dalam bentuk WINE dan anggur , para pengembang proyek telah sepakat untuk menstandardisasi bentuk Wine .
Dalam survei 2007 oleh desktoplinux.com dari 38.500 pengguna desktop Linux, 31,5% responden melaporkan menggunakan Wine untuk menjalankan aplikasi Windows. Pluralitas ini lebih besar dari semua program virtualisasi x86 yang digabungkan, serta lebih besar dari 27,9% yang melaporkan tidak menjalankan aplikasi Windows.
Bagi pengguna linux yang ingin menjalankan aplikasi Windows yang tidak adapenggantinya di Linux, tentu akan membutuhkan yang namanya Wine. Aplikasi dapat dengan mudah di install dengan terminal linux. Untuk beberapa distro Linux, repository wine sudah terpasang, sehingga kita tinggal mengistall wine di terminal linux.
Nah jika linux yang kita gunakan belum bisa menginstall wine secara langsun, maka kita perlu menambahkan sendiri repository wine. Berikut ini adalah langkah langkah untuk menginstall wine dengan repository menambahkan sendiri.
Dalam dokumentasi resmi winehq, langkah langkah untuk menginstall wine yaitu dengan mengetikkan perintah berikut ini di terminal.
sudo add-apt-repository ppa:wine/wine-builds
apt-get update
apt-get install winehq-devel”
Nah, setelah kita engetikkan perintah tersebut dan mengikuti langkah langkahnya dengan benar maka kia sudah berhasil mengisntall wine. Untuk lebih jelasnya bisa dibuka pada dokumentasi resmin wine di http://wiki.winehq.com.

2. Jangka Waktu Pelaksanaan

Secukupnya.

3. Temuan Permasalahan

Permasalahan yang ditemui yaitu error saat melakukan instalasi, dan diatasi dengan mempelajari dokumentasi resmi dari wine.

C. Penutup

1. Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat disimpulkan dari pembahasan adalah untuk membuka atau menggunakan aplikasi windows di sistem operasi mirip UNIX, kita perlu Wine.

2. Referensi dan Daftar Pustaka

Wikipedia
wiki.winehq
Sekian postingan hari ini. Semoga bermanfaat, Terima Kasih.
Wassalamu'alaikum Wr Wb

No comments

Powered by Blogger.