Header Ads

AD BANNER

Konsep TCP/IP

Assalamualaikum, Wr.Wb




Selamat Siang yuk bahas jaringan


A. Pendahuluan

  • Pengertian
TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) jika diterjemahkan adalah Protokol Kendali Transmisi/Protokol Internet, adalah gabungan dari protokol TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol) sebagai sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet yang akan memastikan pengiriman data sampai ke alamat yang dituju. Atau lebih jelasnya diumpamanakan kalian bertemu dengan orang lain dengan bahasa Inggris disini TCP akan menerjemahkan agar kalian bisa berbicara dengan dia.

  • Latar Belakang
Untuk mengenal lebih jauh dengan akan arsitektur ini jaringan TCP/IP.


  • Maksud dan Tujuan
Kunci utama dalam menjadikan Network Enginer & mempermudah konfigurasi jaringan.

B. Materi

  • Arsitektur TCP/IP
Arsitektur TCP/IP tidaklah berbasis model referensi tujuh lapis OSI, tetapi menggunakan model referensi DARPA. Seperti diperlihatkan dalam diagram, TCP/IP merngimplemenasikan arsitektur berlapis yang terdiri atas empat lapis. Empat lapis ini, dapat dipetakan (meski tidak secara langsung) terhadap model referensi OSI.

 Contoh gambar arsitektur TCP/IP :


  • Protokol-protokol yang berjalan pada lapisan ini :
1. Lapisan aplikasi ( application layer ) adalah Lapisan yang bertanggung jawab dalam rangka menyediakan akses kepada aplikasi terhadap jaringan TCP/IP.
A. Dynamic Host Configuration Protocol ( DHCP ) 
Protokol yang berbasis arsitektur client / server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. 

B. Domain Name System (DNS)

Sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet.


C. Hypertext Transfer Protocol (HTTP)

Sebuah protokol meminta / menjawab antara klien dan server. Sebuah klien HTTP (seperti web browser atau robot dan lain sebagainya), biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan ke port tertentu di sebuah server Webhosting tertentu ( biasanya port 80 ).

D. File Transfer Protocol (FTP)

Sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan.

E. Telnet ( Telecommunication Network )

Sebuah protokol jaringan yang digunakan pada Internet atau Local Area Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal.

F. Simple Network Management Protocol ( SNMP )

Protocol standart industri yang digunakan untuk memonitor dan mengelola perangkat di jaringan Internet.


2.lapisan antar host (host-to-host layer) adalah Lapisan ini bertanggung jawab dalam rangka membuat komunikasi antar dua host, dengan menggunakan cara membuat sebuah sesi connection-oriented atau menyebarkan sebuah connectionless broadcast . Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP).

3.lapisan internetwork ( Internetworking Layer) Lapisan ini bertanggung jawab dalam melakukan routing dan pembuatan paket IP (dengan menggunakan teknik encapsulation). Protokol-protokol yang berjalan pada lapisan ini adalah Internet Protocol (IP), Address Resolution Protocol (ARP), Internet Control Message Protocol (ICMP), serta Internet Group Management Protocol (IGMP).

4.lapisan antarmuka jaringan (Network interface layer) Lapisan ini bertanggung jawab dalam meletakkan frame-frame data di atas media jaringan. Protokol yang berjalan dalam lapisan ini adalah beberapa arsitektur jaringan lokal (seperti halnya Ethernet atau Token Ring), serta layanan teknologi WAN (seperti Plain Old Telephone Service (POTS), Integrated Services Digital Network (ISDN), Frame Relay, dan Asynchronous Transfer Mode (ATM).)

c. Referensi dan Daftar Pustaka

Sekian ^-^ Semoga Bermanfaat
Wassalamualaikum, Wr.Wb

No comments

Powered by Blogger.